Resep Kolak Enak dan Sehat, Cocok untuk Diet

Kolak pisang (Pictagram)
27 Mei 2018 01:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Rasanya ada yang kurang jika berbuka puasa tanpa menyantap kolak, setuju? Kolak adalah makanan favorit yang biasa disantap saat berbuka puasa. Makanan asli Indonesia ini digemari karena rasanya yang manis dan lezat. Meski cara membuatnya cukup mudah, kolak biasanya hanya dijumpai saat bulan Ramadan tiba.

Isian kolak sangat bervariasi, bergantung selera si pembuat. Ada kolak yang diisi pisang, ubi, ketela, kolang-kaling, labu kuning, serta pisang. Makanan ini biasa dijajakkan diberbagai tempat yang menyediakan aneka takjil. Tapi, Anda perlu cermat dalam memilih kolak yang hendak disantap. Biasanya, ada beberapa pedagang yang mencampur kolak dengan pemanis buatan. Padahal, pemanis buatan tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Tokopedia

Nah, tidak ada salahnya Anda membuat kolak sendiri di rumah dengan bahan yang alami dan terjamin. Tenang saja, memasak kolak tidak sesulit yang Anda bayangkan. Mau tahu, resep kolak yang lezat, mudah, dan sehat untuk dikonsumsi? Simak resep yang disajikan khusus Solopos.com, Sabtu (26/5/2018), di bawah ini:

Bahan:

5 gelas (ukuran 200 ml) santan yang diperas dari separuh butir kelapa parut

3 butir gula merah (sekitar 75 gram, sisir), bisa juga disesuaikan dengan selera pribadi

Daun pandan secukupnya

Pilih isian kolak, pisang, ubi, labu kuning, kolang-kaling (potong kecil-kecil sesuai selera)

Cara membuat:

  • Cuci bersih semua isian kolak. Khusus untuk kolang-kaling, Anda bisa merebusnya terlebih dahulu dengan sedikit air, gula merah, dan daun pandan. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau tak sedap pada kolang-kaling. Anda juga bisa mengukus pisang terlebih dahulu untuk mengurangi rasa sepat.

  • Campurkan santan, gula merah, daun pandan, ubi, dan labu kuning. Rebus sampai mendidih dan isian kolak empuk. Tambahkan pisang dan kolang-kaling, tunggu sampai mendidih kembali. Matikan api.

  • Sajikan selagi hangat atau biarkan dingin untuk ditambahkan es batu.

Jika kolak tidak habis dalam sekali makan, Anda bisa menyimpannya di kulkas untuk dipanaskan kembali sebelum disantap. Resep di atas menghasilkan kolak berwarna cokelat yang lezat dan legit, tapi aman untuk pelaku diet dan penderita diabetes. Bagi yang sedang diet atau menderita diabetes bisa mengurangi takaran gula sesuai dengan selera. Bagaimana, mudah bukan membuat kolak yang enak dan sehat? Selamat mencoba.