Trik Jitu Rawat Gitar Kesayangan

Ilustrasi bermain gitar (Youtube)
28 Mei 2018 06:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Gitar adalah alat musik petik yang sangat populer. Bahkan, banyak orang yang sengaja belajar bermain gitar untuk berbagai kepentingan. Tak heran, gitar menjadi alat musik yang banyak diburu masyarakat. Alat musik petik ini memiliki dua jenis, yakni akustik dan elektrik.

Perbedaan alat musik ini terletak pada bodinya. Gitar akustik dengan bagian tengah yang berlubang telah dipakai selama ribuan tahun. Gitar akustik lebih mudah dioperasikan sehingga dipilih sebagai bahan ajar untuk pemula. Gitar ini memiliki lubang di bagian tengah sehingga dapat mengeluarkan suara nyaring. Bunyi dari gitar ini dihasilkan dari getaran senat yang mengalir antara tulang leher yang diperkuat bagian badan gitar sebagai lubang resonansi.

Sementara gitar elektrik diperkenalkan mulai 1930-an. Pada awalnya gitar listrik ini dibuat mirip dengan akustik. Namun, seiring berjalannya waktu, gitar ini dibuat dengan model badan tertutup. Jadi, jika tidak disambungkan dengan listrik, maka suara yang dihasilkan akan sangat lirih. Gitar listrik terbaru ini dikenal sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik, mulai dari blues, country, reggae, jaz, metal, rok, serta pop.

Lantas, bagaimana cara merawat gitar kesayangan? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com, dari Fender, Jumat (25/5/2018), di bawah ini:

Bersihkan gitar

Bersihkan gitar secara berkala untuk menjaga bodinya agar tetap mengilap. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengelapnya dengan kain bersih. Setidaknya, bersihkan gitar kesayangan Anda minimal sekali dalam sepekan.

Pastikan kondisi senar

Jangan lupa mengecek kondisi senar. Jangan menyetel senar terlalu kencang karena akan membuatnya cepat putus. Jika ingin disimpan dalam jangka waktu lama, sebaiknya kendurkan senar agar gagang gitar tidak cepat rusak.

Simpan gitar di tepat khusus

Jika ingin lebih awet, simpan gitar kesayangan di dalam wadah khusus. Fungsi dari wadah ini adalah melindungi gitar dari suhu ruangan yang berubah. Setelah itu, simpan gitar di dalam ruangan yang todak lembap. Pastikan tempat penyimpanan ini tidak lembap agar gitar tidak cepat lapuk.

Itulah beberapa cara merawat gitar kesayangan agar tahan lama. Tapi, jika gitar kesayangan sudah rusak, tidak ada salahnya Anda membeli yang baru. Anda bisa mencari gitar akustik terlengkap lewat situs jual beli online Indonesia, Tokopedia.

Situs jual beli online IndonesiaTokopedia ini menyediakan beragam gitar yang bisa dipilih untuk melengkapi koleksi. Jadi, tunggu apalagi, salurkan hobi dan lengkapi koleksi alat musik, #MulaiAjaDulu di Tokopedia.

Situs jual beli online Indonesia, Tokopedia, gitar listrik terbaru, gitar akustik terlengkap, jual beli online, gitar,

Tokopedia