Hukum Membawa Aplikasi Alquran Digital ke Toilet

Alquran Digital versi Kemenag. (Istimewa - Googl Play)
29 Mei 2018 02:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO — Dewasa ini, telepon pintar (smartphone) bisa dilengkapi dengan aplikasi Alquran digital. Lalu, bagaimana jika si pengguna smartphone tersebut membawa piranti komunikasinya ini ke toilet? Apakah bisa dibilang membawa Alquran ke toilet? Bolehkah?

Simak ulasan mengenai hal tersebut kali ini, sebagaimana dimuat di Harian Umum Solopos, Jumat (4/12/2015).

Pertanyaan

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak Ustaz, saya karyawan PT Bank Syariah Insan Madani Kartasura, Sukoharjo.  Pada hari Jumat beberapa pekan yang lalu, saya mengerjakan Salat Jumat di Masjid Kartasura.

Sebelum saya berwudu, saya masuk kamar mandi/WC, otomatis handphone (HP) saya yang di dalamnya terdapat aplikasi Alquran digital ikut terbawa ke dalam kamar mandi/WC. Pertanyaan saya Pak Ustaz, karena tidak ada penitipan HP, bagaimana hukumnya membawa HP yang berisi Alquran digital ke kamar mandi/WC? Berdosakah saya membawa ayat-ayat suci ke dalam kamar mandi/WC?

Terima kasih atas jawabannya.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh[Sarwono, BMT Insan Madani, Kartasura]

Ustaz Menjawab

Wa’alaikumsalam warahmatullaahi wabarakaatuh.

Mas Sarwono yang dirahmati Allah, saya ikut bersyukur bahwa Anda telah bisa memanfaatkan rezeki pemberian Allah berupa HP dan benda elektronik lainnya untuk meningkatkan hafalan dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui Alquran digital.

Di zaman modern sekarang memang banyak pelajar, mahasiswa, dan kaum muda lainnya menggunakan Alquran digital untuk memudahkan belajar kitab suci Alquran. Menurut Ustaz, membawa mushaf digital di dalam HP ke WC/toilet jika dengan sengaja membuka (on/aktif) mushaf di HP tersebut dan membiarkan mushaf terbuka baik dalam bentuk data teks atau audio maka pelakunya berdosa.

Ada sebuah riwayat yang menyatakan Nabi Muhammad SAW apabila akan masuk kamar mandi/WC maka beliau melepas cincinnya (HR Abu Dawud). Pada cincin Rasulullah terdapat tulisan lafal Jalaalah (lafadz Allah).

Alquran adalah kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantaraan Malaikat Jibril yang lafaznya merupakan mukjizat, membacanya adalah ibadah, tertulis dalam musha,f dan tersebar di seluruh dunia.

Membawa mushaf di HP ke toilet/WC dalam keadaan aktif atau terbuka bertentangan dengan misi diturunkannya Alquran. Saya rasa semua orang Islam wajib menjaga dan memuliakan Alquran, membaca Alquran, meneliti dan mengkajinya, memahaminya, serta mengamalkannya.

Rasulullah SAW bersabda: Aku tinggalkan kepada umatku dua perkara, dan apabila umatku berpedoman terhadap dua perkara tersebut dijamin bahagia dan tidak tersesat selamanya, yaitu kitabullah Alquran dan sunah Nabi-Nya (HR Malik).