Kata Ustaz Abdul Somad Soal Hukum Mengangkat Tangan Saat Berdoa

Ilustrasi berdoa (Isalmicity)
31 Mei 2018 14:45 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Doa merupakan inti dari ibadah. Berdoa merupakan salah satu cara mendekatkan diri yang dilakukan seorang hamba kepada Tuhan. Doa adalah permohonan bantuan kepada Allah untuk memperoleh sesuatu yang diharapkan disertai dengan usaha.

Mengangkat tangan ketika berdoa merupakan hal lazim yang dilakukan banyak orang. Tapi, ada yang berpandangan bahwa mengangkat tangan ketika berdoa bukan suatu keharusan. Lantas, bagaimana adab berdoa yang baik?

Ustaz Abdul Somad menerangkan dalam ceramahnya dalam video di Youtube yang dinukil Solopos.com, Rabu (30/5/2018), berdoa bisa dilakukan dengan atau tanpa mengangkat tangan. "Janganlah kita terlalu mudah menilai sesuatu sebagai bid'ah. Memang Allah Maha Melihat, Mendengar, dan Mengetahui, tapi kalau hanya begitu, nanti ada orang liberal mengatakan, buat apa rukuk, sujud, cukup pejamkan mata dan mengingat saja. Selama ada dalil yang menguatkan, kita tidak boleh menyebut dia bid'ah," kata Ustaz Abdul Somad.

Dalam suatu hadis yang disebutkan, Ustaz Abdul Somad menceritakan jika Nabi Muhammad pernah mengaminkan doa Malaikat Jibril dengan mengangkat tangan. "Adapun caranya mengangkat tangan ke langit. Cara kedua mengangkat tangan di hadapkan ke wajah. Sedangkan cara ketiga mengangat tangan tinggi dan di buka lebar. Cara selanjutnya, doa menolak bala dengan mengangkat tangan setinggi dada dengan telapak menghadap keluar," jelasnya.

Dai kondang asal Riau, Ustaz Abdul Somad, menambahkan, Nabi Muhammad sering mengusap wajah setelah selesai berdoa. Hal itu dijelaskan dalam kitab hadis Bulughul Maram yang hadisnya dinilai hasan (baik) oleh Imam Hajar Al Asqalani.

Mengangkat tangan ketika berdoa pernah dilakukan Nabi Muhammad seperti diriwayatkan Imam Bukhari dalam hadis yang didapatnya dari Abu Musa Al Asy'ari. "Nabi Muhammad berdoa kemudian mengangkat kedua tangannya hingga aku melihat putih kedua ketiaknya," demikian terjemahan dari hadis tersebut.

Ada pula hadis yang menganjurkan berdoa mengangkat tangan ketika melakukan salat istisqa' (salat meminta hujan). Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Anas bin Malik. "Nabi Muhammad tidak mengangkat kedua tangannya dalam doanya kecuali dalam salat istisqa'. Sesugguhnya beliat mengangkat kedua tangannya hingga terlihat putih ketiaknya," demikian arti hadis tersebut.

Dua hadis tersebut memang saling bertentangan. Namun, sejumlah ulama berpendapat jika hadis pertama lebih kuat. Artinya mengangkat tangan ketika berdoa adalah perkaya yang dianjurkan. Namun, bukan berarti orang yang tidak mengangkat tangan ketika berdoa itu salah. Mengangkat tangan ketika berdoa merupakan bentuk kesantunan seorang hamba kepada Tuhan-Nya.

 

Tokopedia