Makanan Ini Bantu Atasi Kulit Kering Selama Puasa

Ilustrasi kulit terasa kering (Pictagram)
01 Juni 2018 10:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Selain bibir pecah-pecah, keluhan lain saat berpuasa selama sebulan penuh di cuaca panas adalah kulit tubuh terasa kering. Kurangnya asupan cairan yang masuk membuat tubuh dehidrasi. Kondisi ini diperparah oleh perubahan pola tidur yang membuat wajah terlihat lelah dan lesu.

Selain memakai pelembap, ada beberapa makanan yang mampu mengatasi kulit kering. Asupan gizi dari makanan tersebut sangat diperlukan tubuh untuk menghidrasi kulit. Mau tahu, makanan apa saja yang cocok dikonsumsi untuk mencegah kulit kering? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Kamis (31/5/2018), di bawah ini:

Air putih

Kurang minum air putih menjadi salah satu faktor penyebab kulit terasa kering. Oleh sebab itu, Anda perlu memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Kebutuhan air putih bisa dipenuhi dengan menerapkan pola 2-4-2, yaitu dua gelas saat berbuka, empat gelas di malam hari, dan dua gelas setiap sahur.

Alpukat

Buah ini mengandung asam oleat, asam lemak yang membantu kulit mempertahankan kelembaban dan kelembutannya. Kandungan serat dalam buah alpukat juga membuat perut kenyang lebih lama.

Semangka

Buah ini mengandung likopen yang selain memberi rasa manis juga bisa membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV menyebabkan keriput dan kering. Semangka juga mengandung banyak air yang sangat baik menghidrasi kulit.

Ikan salmon

Asam lemak omega-3 yang tinggi dalam salmon membantu menghidrasi kulit, mencegah jerawat, sekaligus melindungi kulit dari efek kering paparan sinar matahari.

Stroberi

Sarat dengan vitamin C, stroberi bisa membantu mencegah keriput dan kulit kering. Buah stroberi juga mengandung air yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit.