Ponsel Bikin Cepat Tua

Ilustrasi penggunaan smartphone (Pictagram)
01 Juni 2018 22:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Ponsel menjadi benda yang selalu dibawa ke manapun seseorang pergi. Smartphone menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kaum urban di zaman modern. Mulai dari bangun tidur sampai mata kembali terpejam, ponsel seolah tak terlepas dari genggaman. Ada sejumlah apilkasi yang menunjang aktivitas manusia di dalam gadget.

Tapi, banyak bahaya mengancam jika seseorang terlalu sering menggenggam ponsel. Sayangnya, hal ini kurang disadari dan justru kerap diabaikan. Dikutip dari Times of India, Jumat (1/6/2018), orang yang sering menggengggam ponsel cenderung mengalami penuaan dini. Hal ini terjadi lantaran seseorang lebih asyik bermain ponsel daripada menggunakan waktu luangnya untuk beristirahat.

Padahal, sinar ponsel merusak kualitas tidur yang juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Kurang tidur membuat kulit terlihat kering, kasar, dan kusam yang merupakan tanda peuaan. Terlalu sering bermain ponsel juga menyebabkan stres. Sebab, pikiran mereka telah terfokus pada ponsel dan terusik jika mendengar suara notifikasi.

Stres juga membawa pengaruh buruk pada kulit. Orang yang sedang stres, kulitnya cenderung mudah ditumbuhi jerawat. Radiasi dan suhu panas ponsel memicu timbulnya menimbulkan flek hitam di wajah.

Selain itu, menatap layar ponsel terlalu lama juga menimbulkan kerusakan pada mata. Ukuran huruf yang sangat kecil di layar ponsel membuat otot mata harus bekerja ekstra. Lama-kelamaan, mata akan menjadi juling. Bahkan, keseringan memicingkan mata saat menatap ponsel membuat kelopak cepat keriput.

Nah, itulah sederet bahaya yang ditimbulkan akibat terlalu sering menggenggam ponsel. Batasi waktu pemakaian ponsel untuk beristirahat dan melakukan hal positif lainnya. Jangan sampai ponsel merenggut seluruh kehidupan Anda.

 

Tokopedia