Tips Asuh Anak: 3 Jenis Mainan Edukaif Ini Bantu Tumbuh Kembang Anak

Ilustrasi lego (Pictagram)
07 Juni 2018 09:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Mainan biasanya disodorkan kepada anak saat sedang menangis. Barang sepele ini sering dianggap hanya sebagai media penghibur. Padahal, tanpa disadari mainan itu sangat penting dan memengaruhi tumbuh kembang anak.

Sayangnya, banyak orang tua yang tidak menyadari manfaat luar biasa dari mainan tersebut. Alhasil, mereka memberikan sembarang mainan demi menghentikan tangisan si anak. Padahal, jika diperhatikan betul, mainan berperan penting meningkatkan kemampuan motorik dan daya pikir anak.

"Mainan harus memenuhi kebutuhan dari tumbuh kembang seorang anak. Jadi, mainan harus sesuai dengan usia anak. Sebab, bermain merupakan cara terbaik untuk anak-anak belajar melalui indera dengan aktif," kata Deborah Weber, Director Early Childhood Development Research, dalam sebuah diskusi bertajuk Persiapkan Kesuksesan Anak Sejak Usia Dini dengan Mainan Edukatif untuk Menstimulasi Pembelajaran Aktif di Mamain Eat and Play di Jakarta Selatan, Rabu (18/4/2018), seperti dikutip Solopos.com dari Okezone, Rabu (6/6/2018).

Puzzle

Mainan puzzle sangat dianjurkan diberikan kepada anak berusia mulai usia sembilan bulan. Bayi memang belum bisa merangkainya secara langsung. Tapi, warna yang mencolok dari potongan puzzle itu merangsang perkembangan psikomotorik anak.

Mainan berbunyi

Segala macam mainan yang berbunyi sangat cocok diberikan kepada anak-anak. Apalagi yang berbentuk mobil-mobilan. Kendaraan mainan yang mengeluarkan bunyi itu membatu memperkenalkan anak-anak pada alat trasportasi. Selain itu, kendaraan mainan, Ada juga bisa memberikan alat musik kepada anak. Mainan berupa alat musik ini juga sangat digemari anak-anak karena bunyinya yang khas.

Lego

Mainan anak modern lainnya yang layak diberikan adalah lego. Mainan yang bisa dibongkar pasang ini paling banyak diberikan kepada anak-anak. Anak-anak bebas berkreasi membuat bentuk apapun sesuai dengan imajinasi.

Semua jenis mainan di atas bisa Anda temukan dengan mudah di situs toko online grosiran, Tokopedia. Selain mainan edukasi, Anda bisa membeli board game importdi Tokopedia. Belanja online melalui situs ini sangat mudah dan menyenangkan.

Tak perlu repot mengantre di mal, Anda hanya perlu melihat katalog yang tersedia di website dan memilih yang paling menarik. Selanjutnya, tinggal melakukan pembayaran dengan cara mentransfer. Dengan demikian, Anda akan lebih hemat waktu dan biaya. Penuhi kebutuhan rumah tangga dan mainan anak, #MulaiAjaDulu di Tokopedia.