3 Kue Kering Khas Lebaran, Mana Favoritmu?

Kastengel (Pinterest)
08 Juni 2018 06:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Tak lengkap rasanya merayakan Lebaran bersama keluarga tanpa ditemani kue kering. Camilan yang satu ini seolah menjadi simbol yang melekat di masyarakat Indonesia sejak dulu. Lihat saja, berbagai kue kering selalu hadir di meja ruang tamu di hampir setiap rumah keluarga muslim saat Lebaran.

Kue kering seolah menjadi salah satu pernik yang wajib hadir saat Lebaran tiba. Meski Lebaran masih lama, tidak ada salahnya Anda merencakanan kue kering yang hendak dihadirkan saat momen spesial itu tiba. Nah, apa sajakah jenis kue yang menjadi ciri khas Lebaran? Simak ulasan yang disajikan khusus Solopos.com, Kamis (7/6/2018), di bawah ini:

Nastar

Tak lengkap rasanya merayakan Lebaran tanpa kue nastar. Kue berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini selalu hadir setiap momen perayaan spesial itu tiba. Adonan kue ini dibuat dari tepung terigu, telur, dan margarin. Rasa gurih dari adonan berpadu dengan manisnya selai nanas menjadi ciri khas dari kue nastar yang disukai banyak orang.

Putri salju

Bagi penyuka manis tentu sudah tidak asing dengan kue putri salju.bahan adonan kue kering ini tak berbeda jauh dengan nastar. Bedanya, putri salju tidak diberi isian nanas, melainkan ditaburi gula halus. Gula halus yang berasa manis dan memberi sensasi dingin menambah kelezatan dari kue yang satu ini.

Kastengel

Kastengel merupakan salah satu kue kering yang selalu eksis saat Lebaran tiba. Kue asal Negeri Kincir Angin, Belanda, berasa keju ini digemari hampir semua kalangan, mulai anak-anak hingga dewasa. Rasa kue ini jauh berbeda dengan nastar dan putri salju yang dominan manis. Sebab, kue Lebaran ini tidak menggunakan banyak gula sehingga rasanya lebih gurih.

Resep kue lebaran kastengel ini juga sangat mudah dipelajari. Adonan kue ini dibuat dari campuran tepung terigu, telur, margarin, dan keju. Kue ini dibentuk persegi panjang dengan diberi parutan keju di atasnya.

Selain kue kering, biasanya ada makanan ringan lain yang dijadikan suguhan untuk menjamu tamu saat Lebaran tiba. Adapun makanan ringan itu terdiri dari berbagai jajanan tradisional seperti rengginang, rempeyek, emping, kue bawang, hingga kacang goreng.

Tak perlu khawatir bila tak sempat membuat kudapan khas Lebaran itu di rumah. Anda bisa membeli berbagai makanan tersebut di toko onlineterbesar di Indonesia, Tokopedia. Tokopedia menyediakan berbagai kebutuhan Lebaran yang Anda butuhkan. Selain makanan, Anda juga bisa mencari baju untuk tampil keren di Hari Raya. Masih bingung mempersiapkan keperluan Lebaran? #MulaiAjaDulu di Tokopedia.