Doa Agar Selamat Saat Mudik

Ilustrasi mudik (Solopos/Whisnupaksa Kridangkara)
13 Juni 2018 06:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Mudik merupakan salah satu tradisi yang selalu dilakukan setiap Lebaran tiba. Para perantau di kota besar berbondong-bondong melakukan perjalanan ke kampung halaman demi berkumpul dengan keluarga tercinta.

Perjalanan mudik tidak hanya membutuhkan waktu sebentar. Butuh waktu berjam-jam untuk sampai ke kampung halaman tercinta demi bertemu keluarga. Tidak ada yang menjamin perjalanan tersebut lancar dan pemudik tiba di kampung halaman dengan selamat.

Tokopedia

Nah, guna melindungi diri dari segala marabahaya, setiap muslim dianjurkan membaca doa. Dikutip dari situs resmi NU, Selasa (12/6/2018), pada prinsipnya seseorang dianjurkan untuk mengucapkan kalimat thayyibah dalam kondisi apapun. Sementara dalam perjalanan mudik, sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca surat Al Ikhlas. Hal ini sesuai dengan yang pernah dicontohkan Nabi Muhammad.

Selain itu, seorang pemudik dianjurkan membaca doa berikut sebelum memulai perjalanan, "allahumma anta shaahibu fi safari wal khalifata fil ahli. Allahumma ashbahna bi nushika waqbilna bi dzimmatin. Allahumma azqilnal ardha wa hawwin 'alaina safara. Allahumma inni a'udzubika min wa'tsais safari wa kaabatil mandhari wassu-il munqalabi fil maali wal ahli."

"Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan pengurus keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lelahnya perjalanan sedihnya pemandangan dan kepulangan buruknya dalam harta dan keluarga."

Baca juga doa berikut saat mudik, "subhanalladzii sakhkhara lanaa haadzaa wa maa kunna lahu muqriniina wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun."

"Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami lah kami akan kembali."

Selama mudik, usahakan tidak meninggalkan salat dalam kondisi apapun. Selain itu, usahakan memulai perjalanan di pagi atau malam hari agar mendapat rahmat dari Allah. Selamat mudik.