Tips Jaga Kadar Kolesterol Saat Lebaran

Selongsong ketupat (Solopos/Dok)
13 Juni 2018 08:20 WIB Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA - Merayakan Hari Raya Idulfitri Anda biasanya identik dengan berbagai macam makanan yang lezat. Lontong, ketupat, opor ayam, makanan bersantan, dan olahan daging sepertinya sudah menjadi makanan wajib saat Lebaran.

Bagi Anda yang mengidap kolesterol tinggi, jelas itu akan menimbulkan masalah jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak.

Oleh karena itu, ahli gizi dari SlimGourmet and KidzGourmet Diet Catering, Desy Nur Arista memberikan tip cara atasi kolesterol memilih makanan pada waktu Lebaran.

"Jika porsi karbohidrat sudah tepat, maka tidak perlu dikurangi, hanya pilihan karbohidratnya dipilih jadi yang berserat seperti yang biasanya nasi putih jadi nasi merah. Namun jika tidak ada, tidak apa-apa pilihan biasa yang lain seperti nasi putih dan lontong atau ketupat," ungkap Desy, saat dihubungi Bisnis, Rabu (13/6/2018).

Dia mengungkapkan yang akan berpengaruh meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah pada saat pemilihan dan porsi lauk yang akan Anda konsumsi.

"Untuk itu cukup 1 porsi sedang lauk untuk sekali waktu makan saat Lebaran, misalnya 1 potong sedang daging atau 1 potong sedang ayam. Sebaiknya pun pilih yang sudah tidak ada lemaknya, jika memang hanya ada makanan yang bersantan dan berlemak, cukup ambil sedikit saja kuahnya," lanjutnya.

Terakhir, perempuan lulusan Politeknik Kesehatan Tanjung Karang Bandar Lampung ini juga mengingatkan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup.