Pecahkan Rekor, Vas Langka Abad ke-18 Terjual Rp261 Miliar

Vas antik dari China (Sotheby)
16 Juni 2018 16:10 WIB Septina Arifiani Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Sebuah vas antik dari abad ke-18 memecahkan rekor penjualan tertinggi melalui sistem lelang di rumah lelang Sotheby, Selasa (12/6/2018). Vas dari China tersebut terjual 16,2 juta euro atau setara Rp261,7 miliar.

Uniknya, harta karun peninggalan kekaisaran China itu ditemukan secara tak sengaja di loteng rumah seorang warga di Prancis. Banyaknya peminat membuat lelang berjalan cukup alot. Setelah 25 menit melalui proses tawar menawar, vas antik itu terjual 20 kali lipat lebih tinggi dari harga perkiraan.

Henry Howard, ketua rumah lelang Sotheby Asia, Eropa, dan Amerika mengatakan porselen dari China memang sangat dikagumi kolektor benda antik di Eropa.

“Seni dari China telah dikagumi dan dikoleksi di Eropa selama berabad-abad. Tapi, bagian terpenting terkadang hilang seiring berjalannya waktu. Mengingat selera besar untuk seni China di antara kolektor saat ini, sekarang saatnya menjelelajahi rumah dan loteng Anda dan mendatangi kami atas apapun yang mungkin Anda temukan,” kata Henry, sebagaimana dilansir Standart.co.uk.

Vas cantik tersebut menggambarkan tanda dari pemerintahan Kaisar Qianlong yang dibuat untuk pengadilan Kaisar Qianlong (1735-1796).

Tokopedia