Tahukah Anda? : Orang Religius Diyakini Panjang Umur

Ilustrasi berdoa (Pictagram)
18 Juni 2018 08:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Ada banyak hal yang membuat seseorang harus mendekatkan diri kepada Tuhan. Selain membuat hidup terasa tenang, dekat dengan Tuhan, seseorang juga bakal panjang umur. Fakta tersebut terungkap berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Ohio University, Amerika Serikat.

Dikutip dari Independent, Minggu (17/6/2018), para peneliti dari Ohio University mengungkapkan orang religius mampu hidup empat tahun lebih lama. Penelitian tersebut merupakan hasil analisis dari 1.500 obituarium yang dimuat di sejumlah surat kabar lokal di Amerika Serikat. Mereka melihat hubungan soal agama, status perkawinan, hobi, dan sejumlah kegiatan lainnya.

Penelitian tersebut membuktikan orang-orang yang taat beragama dan dekat dengan Tuhan lebih panjang umur. Rata-rata mereka hidup empat sampai lima tahun lebih lama dibandingkan orang biasa.

Hal ini disebabkan karena orang religius tidak akan mengalami kesepian. Selain itu, aktif mengikuti kegiatan komunitas agama juga membuat seseorang lebih panjang umur.

"Orang yang aktif mengikuti kegiatan keagamaan kehidupannya lebih positif. Harapan hidup mereka juga lebih panjang dibandingkan dengan yang hanya mengikuti organisasi sosial," kata salah satu periset, Laura Wallace.

Agama juga mengajarkan cara menjalani kehidupan dengan positif. Orang yang taat beragama cenderung tidak mudah stres.

"Agama mengajarkan beberapa praktik mengurangi stres yang berfungsi meningkatkan kesehatan, seperti dengan cara berdoa dan meditasi. Jadi, studi ini membuktikan bahwa ada hubungan erat antara kebiasaan hidup, khususnya tentang agama, yang memengaruhi usia seseorang," kata periset lainnya, Baldwin Way.

 

Tokopedia