Tahukah Anda? : Wanita Hobi Bangun Siang Rentan Depresi

Ilustrasi tidur (Pictagram)
19 Juni 2018 00:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Kebiasaan bangun pagi membuat tubuh segar dan bugar. Selain itu, bangun pagi juga diklaim membuat seseorang panjang umur dan awet muda. Tapi, padatnya aktivitas terkadang membuat seseorang sulit tidur sehingga bangun kesiangan.

Padahal, bangun kesiangan menimbulkan sejumlah masalah, apalagi bagi wanita. Seorang wanita yang hobi bangun siang rentan depresi. Hal ini diungkapkan melalui penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Colorado (Amerika Serikat), University of Brigham (Inggris), dan Women's Hospital Boston(Amerika Serikat), sebagaimana dilansir The Independent, Senin (18/6/2018).

Penelitian itu dilakukan terhadap lebih dari 32.000 wanita yang hasilnya diterbitkan dalam Journal of Psychiatric Reasearch. Hasil penelitian itu menyebut wanita yang sering bangun kesiangan memiliki rentan terjangkiti penyakit mental.

Periset mencari hubungan antara gangguan suasana hati (mood) dengan chronotype alias kemampuan sinkronisasi tubuh selama 24 jam. Hasilnya, kebiasaan bangun pagi dipengaruhi oleh faktor genetik. Peneliti menyimpulkan, wanita yang terbiasa bangun pagi dan tidak begadang memiliki risiko depresi lebih kecil, yakni sekitar 12-27 persen. Sementara wanita yang terbiasa bagun siang rentan terkena depresi.

"Hasil penelitian ini memberitahu kita bahwa depresi bukan hanya disebabkan oleh lingkungan, melainkan juga gaya hidup. Pola tidur sangat berpengaruh pada kesehatan mental," ungkap salah satu periset, Celine Vetter.

 

Tokopedia