Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki

Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki (Boldsky)
20 Juni 2018 05:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Berjalan merupakan aktivitas ringan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi, banyak orang yang malas berjalan, apalagi tanpa alas kaki. Padahal, berjalan tanpa memakai alas kaki sangat sepele dan bisa dilakukan kapan pun diinginkan.

Berjalan tanpa alas kaki adalah hal yang biasa dilakukan ketika mengajari bayi. Para orang tua sering membiarkan proses ini berjalan alami. Jadi, bayi dibiarkan berjalan begitu saja tanpa alas kaki. Sebab, alas kaki dapat memengaruhi cara bayi menggunakan otot dan tulang kaki untuk berjalan.

Tapi, saat tumbuh besar, para orang tua malah sering melarang anak berjalan tanpa alas kaki. Hal ini dilakukan dengan alasan kebersihan dan mengurangi risiko cedera. Padahal, berjalan tanpa alas kaki secara tidak langsung mengembalikan pola jalan alami seseorang. Dikutip dari Health Line, Selasa (19/6/2018), mengenakan sandal atau sepatu dengan sol tebal yang nyaman ternyata berbahaya. Sol tersebut menghambat kinerja otot tertentu yang sebenarnya dapat menguatkan tubuh.

Meurut seorang dokter ahli bedah kaki, Bruce Pinker, berjalan tanpa alas kaki mampu mengatur tingkat keseimbangan tubuh dan meredakan nyeri. Selain itu, otot kaki juga menjadi lebih kuat sehingga mampu menyokong tulang belakang dengan baik.

Meski demikian, Anda perlu berhati-hati jika hendak berjalan tanpa alas kaki di luar rumah. Perhatikan permukaan jalan agar tidak melukai kaki. Bagi penderita diabetes melitus juga sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin berjalan kaki tanpa alas.

Tokopedia