Mom, Ini Cara Terbaik Simpan Daging di Kulkas

Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas (Samsung.com)
22 Juni 2018 17:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Lemari es merupakan alat yang sangat membantu untuk menyimpan berbagai bahan makanan. Makanan yang disimpan di kulkas bisa lebih awet. Jadi, Anda tidak perlu repot berbelanja bahan makanan segar setiap hari.

Tapi, menyimpan bahan makanan di dalam kulkas tentu ada batas waktunya. Jika sudah melewati batas yang ditentukan, sebaiknya bahan makanan itu tidak diolah untuk dikonsumsi. Salah satu bahan makanan yang cukup rewel disimpan adalah daging.

Daging yang disimpan terlalu lama meski dalam keadaan beku akan menurun kualitasnya. Jadi, sebaiknya Anda memperhatikan betul cara dan batas waktu penyimpanan daging yang baik. Nah, berikut cara menyimpan daging dan bahan makanan lain di kulkas yang tepat sebagaimana dikutip dari Reader's Diggest, Kamis (21/6/2018):

Daging ayam mentah

Daging ayam mentah hanya bisa bertahan satu sampai dua hari di kulkas bersuhu maksimal empat derajat celcius. Jika ingin tahan lebih lama, simpan daging ini di freezer dengan suhu -17 derajat celcius. Dengan begini, daging ayam akan awet bahkan sampai satu tahun. Tapi, sebaiknya daging tidak disimpan terlalu lama. Batas waktu menyimpan daging yang baik adalah sekitar dua sampai enam bulan dalam keadaan beku.

Daging sapi mentah

Daging sapi mentah bisa disimpan di kulkas selama lima hari. Anda bisa membekukannya jika ingin daging lebih tahan lama. Sementara daging yang telah dimasak akan bertahan selama tiga sampai empat hari di kulkas dan dua sampai enam bulan dalam keadaan beku.

Daging giling

Segala jenis daging giling bisa disimpan selama satu sampai dua hari di kulkas dengan suhu empat derajat celcius. Tapi, jika ingin awet, Anda bisa menyimpannya di freezer dengan suhu -17 derajat celcius.

Daging olahan

Daging olahan seperti sosis dan kornet biasanya dijual dalam bentuk kemasan yang sudah diberi pengawet. Makanan ini bisa awet sampai satu tahun jika kemasannya belum dibuka. Tapi, jika kemasan sudah dibuka, Anda harus segera mengonsumsinya. Masak daging olahan tersebut maksimal satu bulan setelah kemasannya dibuka.

Telur

Telur mentah bisa disimpan di kulkas sampai satu bulan. Jika sudah dimasak, telur hanya bisa bertahan kurang dari sepekan. Khusus untuk putih dan kuning telur mentah yang dipisah harus disimpan di freezer dengan jangka waktu dua sampai empat hari.