Diet 16:8 Cara Cepat Turunkan Bobot Tubuh

Ilustrasi diet (Today.com)
23 Juni 2018 02:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Ada saja metode diet terbaru yang mendadak menjadi pusat perhatian. Kali ini, metode diet yang sedang populer itu bernama diet 16:8. Metode diet terbaru ini diklaim dapat menurunkan berat badan dengan mudah tanpa perlu menyiksa diri.

Dikutip dari laman Today, Jumat (22/6/2018), diet 16:8 pada dasarnya adalah pembatasan waktu makan dengan menerapkan pola 16 jam puasa dan delapan jam bebas. Biasanya, pelaku diet ini memanfaatkan jam bebas mulai dari pukul 10.00 pagi sampai 18.00 petang. Sisanya, mereka hanya boleh mengonsumsi makanan nol kalori, yakni air putih, serta teh dan kopi tanpa gula. Hasilnya, orang yang menjalani diet ini akan mengalami penurunan berat badan secara bertahap.

Metode diet ini ditemukan dari hasil penelitian yang dilakukan selama 12 pekan. Tim peneliti menemukan fakta bahwa orang yang menjalani diet 16:8 mengalami penurunan berat tubuh secara berkala. "Waktu bebas makan selama delapan jam tidak membuat tubuh gemuk. Sebab, kalori yang diserap bakal diubah menjadi energi selama 16 jam berikutnya," demikian penjelasan dari salah seorang peneliti.

Metode diet 16:8 ini sebenarnya sangat mirip dengan puasa. Selama ini, puasa terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Cara ini terbilang cukup sangat efektif menurunkan berat badan tanpa menyiksa diri.

"Secara teori, diet 16:8 memang bisa menurunkan berat badan. Sebab, kebiasaan mengemil di malam hari menjadi salah satu faktor penyebab kegemukan. Jadi, berpuasa di malam hari bisa menjadi solusinya," ungkap seorang ahli gizi, Beth Warren, seperti dilansir Women's Health.

Apapun metode dietnya, yang paling penting adalah konsisten menjalaninya. Memulai diet memang mudah, menjaga ritmenya untuk teap konsisten itu yang cukup sulit.