Awas! Lap Dapur Bisa Jadi Sarang Bakteri dan Kuman Penyakit

Ilustrasi lap dapur (Tokopedia)
03 Juli 2018 07:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Lap merupakan salah satu benda paling kotor yang berada di dalam rumah. Kain ini biasanya dipakai untuk membersihkan berbagai macam barang, khususnya alat masak dan makan. Biasanya, kebanyakan orang akan menggantinya ketika lap telah berbau dan sangat kotor. Padahal, meski tidak berbau maupun bernoda, lap yang sudah dipakai jelas tidak pernah dalam kondisi bersih.

Dikutip dari Health Line, Senin (2/7/2018), sejumlah hasil penelitian menyebutkan bahwa lap dapur merupakan tempat berkembang biak kuman dan bakteri. Bakteri itu bisa menyebabkan keracunan dan berbagai penyakit lain yang ditularkan melalui makanan. Pernyataan ini merupakan kesimpulan dari riset yang dilakukan tim dari University of Mauritus, Afrika Timur.

Penelitian tersebut dilakukan dengan cara memakai lap selama satu bulan tanpa dicuci. Hasilnya, periset menemukan banyaknya bakteri yang berkembang biak pada lap dan menyebabkan kontaminasi makanan. Mereka juga menyebut bakteri di lap dapur menggambarkan kondisi pemiliknya. Sebab, kebanyakan bakteri di lap dapur berasal dari usus.

Memang tidak semua bakteri tersebut berbahaya bagi kesehatan. Namun, beberapa bakteri berbahaya seperti E Coli dan S Aureus juga bisa berkembang biak di lap, apalagi dalam keadaan lembap. Oleh sebab itu, mulai sekarang perhatikan betul kebersihan lap dapur. Gantilah lap secara berkala guna menghindari kemungkinan kontaminasi bakteri.

 

Tokopedia