4 Tanda Diet Terlalu Ketat

Ilustrasi orang sembelit (Youtube)
04 Juli 2018 04:29 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Kebanyakan orang melakukan diet karena terobsesi ingin memiliki tubuh ideal. Tak jarang, mereka memaksakan diri melakukan diet ketat sampai menimbulkan masalah kesehatan. Padahal, diet yang terlalu ketat justru tidak baik dan membahayakan tubuh.

Saat tersiksa dengan diet ketat yang dilakukan, tubuh akan merespons dengan memberikan berbagai macam sinyal. Namun, terkadang sinyal tersebut diabaikan begitu saja. Mau tahu, apa saja tanda diet yang dilakukan terlalu ketat dan tidak sehat? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Life Strong, Selasa (3/7/2018), di bawah ini:

Rambut rontok

Diet yang terlalu ketat biasanya menyebabkan rambut rontok. Sebab, terkadang tanpa disadari asupan protein dan zat besi yang dibutuhkan tubuh berkurang drastis saat diet. Jika rambut mulai rontok lebih banyak dari biasanya, itu tandanya tubuh kekurangan asam lemak, vitamin B12, atau asam folat. Jadi, sebaiknya gantilah makanan yang dikonsumsi agar diet tidak mengalami masalah.

Kulit kering

Jerawat, kulit kering dan kusam menjadi tanda lain diet yang dilakukan terlalu ketat. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan vitmin, mineral, dan asam lemak. Nah, sebaiknya selama diet Anda memperbanyak asupan sayur, buah, dan air, agar tubuh tetap terhidrasi agar kulit tetap sehat dan bercahaya.

Sembelit

Orang yang melakukan diet biasanya susah buang air besar. Hal ini terjadi karena tingginya asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh tidak diimbangi dengan serat. Pelaku diet yang hanya mengonsumsi makanan berlemak biasanya bakal mengalami masalah ini.

Mudah lelah

Mengurangi porsi makan secara tiba-tiba bisa membuat daya tubuh menurun. Orang yang melakukan diet ketat dengan cara ini bakal mudah lelah dan terserang penyakit. Biasanya, pelaku diet akan terlihat lesu karena kadar gula dalam darah menurun drastis.