Hati-Hati! Lip Balm Bikin Bibir Kering Makin Bermasalah

Ilustrasi pakai lip balm (Pictagram)
07 Juli 2018 08:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Udara dingin adalah musuh bagi kulit, khususnya bibir. Lihat saja, bibir akan terasa sangat kering bahkan sampai pecah-pecah saat berada di tempat yang udaranya cukup dingin. Salah satu cara yang dianggap ampuh mengatasi kondisi ini adalah mengoleskan pelembap bibir alias lip balm.

Tapi, tahukah Anda penggunaan lip balm justru memperparah kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah? Jika dilakukan terus menerus, kulit luar bibir akan mengelupas dan membuatnya teriritasi. Mengapa demikian?

Dikutip dari Absolute Health, Jumat (6/7/2018), formula pada lip balm hanya berfungsi untuk menjaga kelembapan, bukan menyembuhkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Sejumlah pakar dermatologi menerangkan lip balm mengandung bahan yang membuat kulit kering seperti hyaluronic acid dan gliserin.

Kedua bahan yang mudah menguap ini menghilangkan kelembapan kulit terutama di lingkungan yang kering. Bahan itu memang biasa dicampur dalam produk perawatan wajah khusus untuk kulit berminyak. Sebab, kedua bahan ini mampu menahan keringat dan minyak yang keluar sehingga membuat wajah tetap segar. Sayangnya, bahan ini tidak cocok dipakai di bibir yang kulitnya lebih sensitif.

Bahan tersebut semakin berbahaya dengan campuran mentol yang biasa terkandung pada lip balm. Selain itu, zat pewarna pada lip balm juga semakin memperparah kondisi bibir kering. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari memakai lip balm saat bibir bermasalah.

Sebenarnya, ada cara alami yang ampuh mengatasi dan merawat bibir kering. Tak perlu repot membeli salep atau obat lainnya, cukup oleskan mentega atau minyak goreng pada bibir yang kering. Kandungan lemak alami pada kedua bahan itu mampu meredakan peradangan dan membuat bibir lembap.

Tokopedia