Uap Rebusan Daun Sereh, Daun Jeruk, dan Daun Mint untuk Redakan ISPA

Daun mint. (food.ndtv.com)
10 Juli 2018 13:15 WIB Iskandar Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO -- Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) merupakan infeksi yang terjadi pada salah satu atau lebih bagian saluran pernapasan. Bagian itu di antaranya hidung, tenggorokan, faring (tekak atau persimpangan hidung dan tenggorokan), dan sebagainya.

Infeksi tersebut dapat disebabkan virus maupun bakteri. Salah satu jenis ISPA yang paling sering ditemui adalah common cold yang ditandai gejala batuk dan pilek.

Mereka yang terjangkit penyakit tersebut sering kali terganggu pernapasannya karena tak bisa bernapas lega. Jika tak segera diatasi, penyakit ini akan sangat mengganggu sehingga harus segera ditangani yang berkompeten.

Pengobatan penyakit tersebut tak harus ke klinik pengobatan, dokter, atau bahkan spesialis. Rempah-rempah yang banyak didapati di sekitar rumah juga bisa dimanfaatkan asal tahu cara mengolahnya.

Seperti yang dilakukan tim dosen dan mahasiswa D3 Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Nasional Solo. Tim yang terdiri atas Dhurhania, Vita, dan Semartini serta sejumlah mahasiswa seperti Srimulat, Putri, Hera, Asih, Besti, Ida, Imania, dan Nova saat pengabdian masyarakat di Desa Duwet, Wonosari, Klaten, beberapa waktu lalu melatih warga membuat inhalasi alami secara sederhana.

Dhurhania yang akrab disapa Nia mengatakan bahan alami  yang digunakan adalah daun sereh, daun jeruk nipis, atau daun mint. Sedangkan alat untuk merebus air dan rempah-rempah tadi menggunakan rice cooker.

Cara penyiapannya sangat sederhana sehingga mudah diterapkan di rumah. Langkah pertama didihkan 1 liter air di dalam rice cooker. Setelah air mendidih masukkan 3 batang sereh, 7 lembar daun jeruk nipis, dan dapat pula ditambah dengan 5 lembar daun mint yang semuanya sudah dibersihkan.

Setelah itu tutup rice cooker dan hirup uap yang keluar. “Cara ini aman dari jangkauan anak-anak dibanding menggunakan panci yang berisi air panas. Selain itu fleksibel untuk digunakan dalam waktu 15 sampai 30 menit di ruang tidur sambil beristirahat,” ujar dia ketika ditemui di ruang kerjanya pekan lalu.

Inhalasi alami sedehana ini, kata dia, dapat menjadi terapi suportif pada penanganan  ISPA. Daun sereh, daun jeruk, dan daun mint mengandung essential oil (sitral, sitronelal, sitronelol, geraniol, limonene, eugenol, metileugenol, dan mentol) yang dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan.

“Bermodal peralatan dapur dan empon-empon di rumah, kita dapat membuat sendiri alat pelega pernapasan yang mengandung ekspekto alami tanpa harus mengeluarkan biaya besar,” kata Nia.

 

Tokopedia