Hasil Penelitian: Pakai Kaus Kaki Bikin Tidur Makin Nyenyak

Ilustrasi kaus kaki (Reuters)
17 Juli 2018 12:30 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Kualitas tidur sangat mempengaruhi kesehatan seseorang. Tidur cukup dengan kualitas baik menjadikan tubuh terasa lebih segar  dan berenergi.

Beragam cara dilakukan untuk mendapatkan tidur berkualitas, salah satunya adalah mematikan gawai. Selain itu, memakai kaus kaki sebelum tidur juga penting dilakukan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal International Weekly Journal of Science, seperti dikutip Liputan6.com, Selasa (17/7/2018), menyebutkan orang yang memakai kaus kaki tertidur lima belas menit lebih cepat, daripada orang yang tidak mengenakan kaus kaki.

Ketika kaki kita nyaman, pembuluh darah kita membesar dan semakin cepat mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda lelah dan siap untuk tidur.

"Kaki dingin dapat menguras energi tubuh dan menghalangi aliran vital energi dan darah di dalam tubuh," ujar Elizabeth Trattner, dokter pengobatan Tiongkok kepada Reader's Digest.

Rasa dingin dapat menghambat aliran energi dan panas. Jika Anda berpikir mandi air hangat dapat membuat rileks dan air dingin  dapat membuat Anda tegang. Dingin menyebabkan stagnasi yang juga dapat menyebabkan rasa sakit.

Rasa hangat yang memberikan aliran panas dapat disalurkan ke seluruh tubuh dan dapat membuat Anda lebih mudah mendapat tidur nyenyak. Jika Anda sering menggunakan metode mengenakan kaus kaki saat tidur, telapak kakimu juga dapat terjaga agar tetap lembab dan mencegah kering.