Cara Atasi Kulit Kering Akibat Cuaca Dingin

Ilustrasi kulit kering (Pictagram)
17 Juli 2018 20:15 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Udara dingin di musim kemarau berpengaruh pada kondisi kulit. Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan udara dingin adalah kulit terasa kering. Ketika suhu dan kelembapan udara menurun, maka tingkat hidrasi kulit berkurang sehingga membuatnya menjadi kering.

Kulit kering bakal semakin parah jika Anda nekat mandi dan berendam dengan air panas saat udara dingin. Selain itu, hindari pemakaian baju tebal yang justru membuat kulit semakin kering. Sejumlah dokter kulit menyarankan untuk mandi air hangat suam-suam kuku dan memakai sabun yang mengandung pelembap saat mandi.

Tapi, jika kulit masih tetap kering, berarti Anda butuh perawatan ekstra. Mau tahu bagaimana cara mengatasi kulit kering karena cuaca dingin? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Selasa (17/7/2018), di bawah ini:

Pakai pelembap

Pakai losion pelembap setelah mandi agar kulit tetap lembap. Anda juga bisa menerapkan pelembap setiap kali kulit terasa kering. Pastikan pelembap yang dipilih cocok dengan jenis kulit.

Oleskan minyak zaitun

Minyak zaitun membantu menghaluskan dan melembapkan kulit kering. Oleskan minyak zaitun pada kulit setengah jam sebelum mandi. Kemudian lanjutkan dengan mandi air hangat. Setelah selesai, oleskan krim pelembap yang cocok dengan jenis kulit.

Berendam susu

Susu memiliki segudang manfaat bagi kulit, khususnya yang kering dan bersisik. Saat kulit terasa kering, cobalah mandi susu. Pastikan susu yang dipakai adalah murni dari perahan sapi. Tapi, jika bagian yang kering hanya sedikit, Anda bisa melakukan perawatan dengan cara merendam kain ke dalam susu, kemudian dikompres ke kulit.

Minum air putih

Faktor utama untuk mengatasi kulit kering adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jangan lupa minum air putih sebanyak delapan gelas per hari.