Cara Mencegah Mata Kering Saat Nonton TV

Ilustrasi mata (beautyheaven.com.au)
25 Juli 2018 06:05 WIB Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA — Penelitian yang dilaksanakan Millward Brown mengungkap fakta masyarakat Indonesia memiliki paparan tertinggi terhadap layar TV & gadget setiap harinya (9 jam per hari). Pada momen Piala Dunia lalu, jumlah waktu menonton TV bertambah hingga dua jam, sehingga dapat meningkatkan potensi gejala mata kering.

Jika dibiarkan, kondisi itu dapat mengganggu kenyamanan penglihatan dalam jangka panjang.

Tokopedia

“Salah satu akibat dari menatap layar TV dan gadget terlalu lama adalah gejala mata kering yang terindikasi dari jumlah kedipan mata (visual attention rate) berkurang hingga setengahnya. Ditambah lagi, layar TV & gadget memancarkan sinar bergelombang tinggi atau dikenal sebagai blue light yang dapat mengurangi kualitas penglihatan mata secara jangka panjang,” ungkap dokter mata dr. Damara Andalia Sp.M, dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis/JIBI, Senin (16/7/2018).

Damara pun memberikan tips agar menyaksikan televisi dengan lebih nyaman, yaitu;

1. Setiap 20 menit sekali istirahatkan mata selama 20 detik dengan fokus penglihatan pada sebuah objek berjarak 20 kaki.

2. Teteskan obat tetes mata yang berfungsi untuk mengatasi kekeringan pada mata ketika mata mulai mengalami gejala mata kering.

3. Rajin minum air putih agar tubuh juga tetap terhidrasi dari dalam.