Tips Kecantikan: Buah Naga Merah untuk Pelembab Bibir di Musim Kemarau

Ilustrasi bibir hitam (rewardme.in)
31 Juli 2018 10:30 WIB Iskandar Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Beberapa orang mungkin pernah merasakan masalah bibir pecah-pecah. Mereka yang mengalami ini kadang merasa penampilan mereka kurang sempurna, sehingga kurang percaya diri.

Salah seorang guru Farmasi SMK Citra Medika Gatak, Sukoharjo, Hardiyo yang ditemui di ruang kerjanya pekan lalu mengungkapkan, bibir memiliki kondisi unik dibandingkan dengan bagian kulit lainnya. Bagian ini tidak dibekali kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan.

Tokopedia

Oleh karena itu, paparan sinar matahari saat musim kemarau atau rendahnya kelembaban udara bisa menjadikan bibir kering. Kondisi tersebut bisa makin memburuk jika tidak dilakukan perawatan dengan baik terhadap bibir.

Bagi mereka yang tak tahan dan mempunyai uang bisa berobat ke dokter. Alternatif lain, ujar Hardiyo, masyarakat menganjurkan membiasakan diri mencegah terjadinya penyakit daripada mengobatinya.

Karena mencegah timbulnya penyakit dalam tubuh dinilai jauh lebih murah dan nyaman. “Lebih baik membiasakan mencegah penyakit daripada mengobatinya. Selain lebih murah mencegah juga tidak ada salahnya kita biasakan dengan hidup sehat. Dengan mencegah orang tidak perlu merasakan sakit,” papar dia.

Sebagai tindakan preventif dia mempunyai resep alami yang bahan ramuannya relatif mudah didapat. Guna membuat ramuan tersebut diperlukan buah naga merah, minyak zaitun dan madu.

Cara membuatnya, buah naga merah diblender dan hasilnya disaring dengan saringan teh. Untuk itu bisa disediakan dua sampai tiga buah naga.

Setelah diblender dan disaring, dicampur dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1. Hardiyo mencotohkan, misalnya sari buah naga sebanyak 200 mililiter, minyak zaitun yang diperlukan juga 200 mililiter.

Campuran racikan itu ditambah dua sendok teh madu. Bisa juga ditambahkan dengan zat pewarna makanan sehingga jika dioleskan di bibir terlihat menarik. Jika racikan itu sisa, bisa disimpan di dalam botol.

“Cara pemakaiannya racikan tersebut dioleskan pada bibir. Cara mengoleskan bisa menggunakan kapas yang bersih,” kata dia.

Menurut dia racikan ini diyakini bermanfaat untuk pelembab bibir agar tidak mudah pecah-pecah. Sebab biasanya jika musim kemarau dengan cuaca panas terik dan angin kering, kadang memicu masalah di bibir.