Yuk Kenali Arti Gerakan Janin

Ilustrasi wanita hamil (kidspot.com)
31 Juli 2018 19:13 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Apakah Anda sedang hamil? Cobalah rasakan gerakan maupuntendangan kecil janin di dalam perut  Anda. Hal ini menjadi sinyal adanya kehidupan dalam perut seorang wanita hamil. Tendangan pertama yang dirasakan oleh wanita saat hamil dikenal sebagai flutter. Rasanya seperti kedutan, tidak terlalu keras. Ini menandakan janin sedang berkembang.Meski rahim adalah ruang yang terbatas, janin akan tetap bergerak dan menjelajahi sekelilingnya dengan bantuan tangan, kepala, dan kakinya.

Menurut dokter spesialis kandungan, Sherry Ross, ibu mulai bisa merasakan gerakan janin di usia kehamilan 21 pekan. "Pada kehamilan pertama, gerakan janin mungkin akan terasa di kehamilan 18 pekan hingga 21 pekan, lalu di kehamilan selanjutnya bisa jadi lebih awal, bisa di usia kehamilan 15 pekan hingga 16 pekan," ujar wanita yang juga penulis buku Sheology: The Definitive Guide to Women's Intimate Health seperti dikutip dari Popsugar dan ditulis liputan6.com, belum lama ini.

Janin tidak hanya menghabiskan waktunya dengan diam di dalam rahim. Dia bergerak, mengeksplorasi, dan belajar di dalam rahim. Pergerakan bayi kemungkinan besar karena merespons lingkungan seperti kebisingan, cahaya, suhu, dan rasa makanan.Janin menendang lebih saat dia merasa gelisah atau stres. Janin akan tenang saat mereka meditasi atau bersantai. Ketika janin berputar atau meregangkan badan, ibu akan merasakan tendangan.

Aktivitas menendang dan bergerak merupakan bagian integral untuk perkembangan tulang dan otot janin. Setiap janin memiliki tingkat keaktifan yang berbeda. Beberapa janin sangat aktif dan mungkin menendang sepanjang hari. Sementar yang lain perlu didorong untuk bergerak dari tidur mereka.

Jika janin menghadap ke depan, maka wanita akan menerima tendangan ke perut sementara jika bayi menghadap ke arah yang berbeda tendangan ke tulang belakang dan bahkan kandung kemih. Janin tumbuh dengan baik itu ketika tendangan yang semakin kuat dari hari ke hari. Jika Anda merasa bahwa pola tendangan telah berubah, cobalah menghitung jumlah tendangan.