Musik Berisik Bikin Kalap Makan

Ilustrasi makan dengan lahap (Pictagram)
31 Juli 2018 22:40 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Makan sambil mendengarkan musik lewat earphone maupun speaker memang umum dilakukan. Cara ini mampu menciptakan suasana yang lebih santai. Tapi, tahukah Anda jika musik bisa memengaruhi selera makan?

Periset dari University of South Florida, Amerika Serikat, dalam Journal of the Academy of Marketing Science menyebutkan mendengarkan musik dengan suara kencang memengaruhi porsi makan. Dikutip dari Huffington Post, Selasa (31/7/2018), penelitian itu dilakukan kepada sejumlah orang di sebuah kafe di kawasan Stockholm, Swedia, selama dua hari berturut-turut.

Tokopedia

Selama penelitian berlangsung, periset menyalakan musik dengan volume 50-80 lewat speaker. Mereka kemudian memberikan label sehat, tidak sehat, dan netral terhadap semua makanan yang disajikan. Dalam pengamatan itu, mereka melihat pola makan yang berbeda dari pengunjung.

Saat musik disetel dengan volume pelan, pengunjung cenderung memilih makanan sehat. Sementara saat volume musik keras, maka mereka memilih menyantap makanan yang tidak sehat. Mereka melakukan penelitian dengan cara serupa di beberapa lokasi lain. Hasilnya menunjukkan fakta yang sama.

Orang-orang yang mendengarkan musik kencang lebih memilih makanan kurang sehat seperti kue cokelat, burger, hot dog, dan makanan cepat saji lainnya. Sebaliknya, mereka yang makan sambil mendengarkan musik pelan memilih menyantap salad segar dan berbagai sayuran lain.

Meski demikian, ada pula orang-orang yang selera makannya tidak terpengaruh dengan suara musik. Tapi, peneliti menyarankan untuk mendengarkan musik dengan volume pelan saat makan untuk mengurangi tingkat stres.