Daun Srikaya Perlancar Berkemih

Ilustrasi buah srikaya (poleznenko.ru)
02 Agustus 2018 15:28 WIB Iskandar Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Selama ini kita hanya mengenal kelezatan buah srikaya (Annona squamosal). Namun ternyata daun srikaya juga bermanfaat untuk kesehatan yaitu untuk memperlancar berkemih.

Temuan itu berdasarkan penelitian tiga mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Dewi Nanseti, Lili Puspadewi, Tisya Indara Wulan yang dibimbing Dekan FK UMS, EM Sutrisna. Berdasarkan penelitian mereka, daun tanaman srikaya memiliki kandungan metabolit sekunder yang sangat bermanfaat.

Tokopedia

“Daun srikaya memiliki kandungan senyawa seperti saponin, flavonoid dan tannin, tetapi tidak mengandung senyawa alkaloid,” ujar Dewi ketika ditemui di FK UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Senin (23/7/2018).

Berdasarkan penelitiannya, kandungan yang menyebabkan diuretik (peluruh pipis) adalah kandungan flavonoid dalam daun srikaya. Flavonoid memiliki aktivitas biologi seperti aromatik, diuretik, analgetik, pengendur otot, antidioksidan, dan antiinflamasi. Dia menjelaskan penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas diuretik daun srikaya. Diuretik merupakan peluruh kencing yang dalam dunia medis dapat digunakan untuk keadaan hipertensi, edema (timbunan cairan) dan lain-lain.

Sutrisna menambahan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol 96 persen daun srikaya mempunyai efek diuretik pada tikus putih jantan galur Wistar. Dosis ekstrak etanol 96 persen daun srikaya yang dapat menimbulkan efek diuretik pada tikus putih jantan galur Wistar adalah 100 mg/kg berat badan (BB) dan 200mg/kg BB dengan daya diuretik masing-masing sebesar 85,18 persen dan 13,88 persen.

Selain itu, dosis 100 mg/kg BB ekstrak etanol 96 persen daun srikaya ditambahkan hidroklorotiazid 0,225 mg/200 g BB memberi efek diuretik lebih besar daripada hidrokloroazid 0,45 mg/200 g BB (dosis yang diyakini sudah dapat menimbulkan efek diuretik pada tikus).