Cara Tepat Pilih Bra Sesuai Ukuran Payudara

Bra (Pinterest)
02 Agustus 2018 23:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Bra merupakan pakaian dalam yang paling penting bagi wanita. Selain untuk menyangga, bra juga berfungsi untuk menjaga kesehatan payudara. Meski dipakai setiap hari, masih ada sejumlah wanita yang sering keliru saat membeli bra. Salah satu penyebabnya adalah malu saat hendak mencoba bra tersebut.

Padahal, mencoba merupakan bagian paling penting saat membeli bra. Walaupun merasa sudah hapal, ukuran bra bisa saja berubah. Itulah sebabnya sebaiknya Anda mencoba bra yang hendak dibeli terlebih dahulu daripada salah ukuran.

Tokopedia

Bukan hanya ukuran, seorang wanita juga harus tahu bra yang cocok dengan bentuk payudara. Jangan cuma memilih bra karena bentuknya yang lucu atau warna mencolok saja. Perhatikan betul apakah bra tersebut sesuai dengan bentuk payudara. Nah, berikut panduan memilih bra yang cocok dengan jenis payudara seperti dikutip Solopos.com dari Pop Sugar, Kamis (2/8/2018):

Ukur lingkar dada

Sekitar 80 persen wanita salah memilih ukuran bra. Sebanyak 70 persen wanita memilih ukuran bra yang terlalu kecil. Sementara 10 persen lainnya memilih bra dengan ukuran lebih besar. Nah, untuk mengurangi kesalahan itu, sebaiknya ukur terlebih dahulu lingkar dada di bawah payudara. Gunakan meteran untuk mengukur lingkah bawah payudara agar dapat memilih bra yang cocok.

Pastikan ukuran tersebut pas, tidak terlalu longgar atau sempit agar mudah menentukan bra yang dapat menyangga payudara dengan baik. Selanjutnya, konversikan hasil pengukuran itu dalam satuan sentimeter. Misalnya hasil pengukuran itu sekitar 90-95 sentimeter, maka ukuran bra yang cocok untuk Anda adalah 40.

Jika ingin lebih mudah, hitung lingkar bawah payudara langsung dengan satuan inci. Lihat hasilnya, dan tambahkan angka 4 jika menunjukkan bilangan genap. Sementara untuk hasil pengukuran ganjil, tambahkan angka 5. Misalnya hasil pengukuran Anda 34 maka tambahkan angka 4 sehingga hasilnya adalah 38. Hasil penjumlahan itulah yang menentukan ukuran bra Anda.

Pilih cup bra

Ukuran bra sudah, kini saatnya memilih cup bra yang tepat. Selama ini cup bra dibedakan dalam empat jenis yang biasa disebut dengan simbol huruf A, B, C, D, E, F, dan G. Cara menentukan cup yang tepat adalah dengan mengukur lingkar dada.

Gunakan meteran untuk mengukur lingkar dada payudara dengan puting tepat berada di puncak. Setelah mendapatkan hasilnya, kurangi dengan ukuran lingkar bawah payudara yang telah diukur sebelumnya. Guna menentukan cup yang tepat, lihat perincian di bawah ini:

Selisih

Ukuran cup bra

0

A

1

AA

2

B

3

C

4

D

5

DD

6

DDD, F

7

G

Misalnya ukuran lingkar bawah payudara adalah 38 inci dan lingkar atas 40, maka selisihnya adalah 2. Jadi, ukuran bra yang tepat adalah 38 B.

Pilih model bra

Terakhir, perhatikan model bra yang hendak dibeli. Bagi pemilik payudara kecil, pilihlah bra yang model cup-nya rendah agar payudara tampak lebih berisi. Anda juga bisa memilih bra berbusa agar bentuk payudara lebih indah.

Sedangkan bagi si pemilik payudara besar, sebaiknya pilih bra yang menutup semua bagian payudara. Hindari bra berbusa agar payudara terlihat proporsional.