Harmoni Indaco: Tips Cat Tembok Awet Cantik

Envi Cat Dasar (Indaco)
03 Agustus 2018 08:05 WIB Sri Sumi Handayani Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO -- Sebagian orang menganggap mengecat tembok menjadi bagian yang mudah saat membangun atau merenovasi rumah. Namun sebenarnya ada hal teknis yang perlu diketahui agar lapisan cat bertahan lama dan tidak mudah rusak dalam waktu singkat. Kuncinya adalah cat dasar.

Anda mungkin memilih melewatkan cat dasar dengan alasan menghemat pengeluaran. Padahal, cat dasar memiliki peran penting untuk mewujudkan mimpi Anda memiliki tembok yang cantik dan awet. Cat dasar dapat menjaga ketahanan warna cat rumah tetap elegan.

Cat dasar Indaco

Cat dasar Envi dari Indaco (Istimewa-Indaco)

Beberapa fungsi cat dasar adalah membantu mencegah garam alkali masuk ke lapisan cat. Kandungan alkali berbahaya karena dapat merusak cat dinding rumah dan menyebabkan pengapuran. Dengan menggunakan cat dasar sebelum mengaplikasikan cat tembok, Anda dapat menghemat penggunaan cat tembok. Tampilan akhir cat tembok tetap menarik meskipun Anda hanya mengaplikasikan cat tembok dua lapis.

PT Indaco Warna Dunia memperkenalkan produk pionir Envi Cat Dasar atau yang dulu bernama Envi Alkali Sealer. Envi Cat Dasar diproduksi sesuai standar cat ramah lingkungan. Envi Cat Dasar mengantongi sertifikat Singapore Green Label dan tidak menggunakan tambahan timbal serta raksa.

Envi Cat Dasar mampu meresap masuk ke pori-pori dinding sehingga dapat menghambat pertumbuhan garam alkali. Selain itu, Envi Cat Dasar yang berwarna putih ini dapat menghemat pengeluaran biaya pembelian cat tembok karena daya rekat cat.

Cara pengaplikasiannya dapat dipadukan dengan Envi Dempul Tembok pada kondisi tembok retak. Cara pengaplikasian pada tembok baru dimulai dari membersihkan tembok dari debu dan kotoran. Sesuai standar waktu pengeringan tembok kurang lebih 30 hari. Kemudian lapiskan Envi Cat Dasar. Apabila terdapat retak rambut, Anda dapat mengaplikasikan Envi Dempul Tembok pada bagian tembok yang retak atau berlubang.

Aplikasi

Tahapan berikutnya adalah aplikasikan kembali Envi Cat Dasar pada bagian yang dilapisi Envi Dempul Tembok. Tahapan terakhir adalah melapiskan cat tembok sebanyak dua lapis. Perlakuan sedikit berbeda pada tembok lama.

Dempul tembok Indaco

Dempul tembok Indaco (Istimewa-Indaco)

Anda harus memastikan kondisi tembok. Apabila daya rekat cat lama masih baik, Anda cukup mengamplas dan membersihkan tembok dari kotoran. Tetapi bila cat lama mengapur dan mengelupas, Anda harus mengerok cat sampai terlihat acian tembok. Anda juga harus memastikan tembok kering.

Seperti langkah sebelumnya, Anda harus memulai dengan melapiskan Envi Cat Dasar. Langkah selanjutnya adalah melapiskan Envi Dempul Tembok pada tembok yang retak maupun berlubang. Tahapan akhir adalah melapiskan cat tembok sesuai keinginan.

Envi Cat Dasar dapat digunakan pada dinding di luar rumah maupun di dalam rumah. Envi Cat Dasar tersedia dalam kemasan satu kilogram, lima kilogram, dan 25 kilogram. Daya tahan Envi Cat Dasar untuk interior adalah 3-5 tahun dan eksterior adalah tiga tahun tergantung kondisi tembok.