Gunakan Rempah-Rempah Ini untuk Usir Panu

Ilustrasi jahe (livestrong)
03 Agustus 2018 19:22 WIB Iskandar Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Panu berasal dari infeksi jamur dan biasa menjangkiti permukaan kulit. Panu sering kali mengganggu penampilan. Anda bisa memanfaatkan rempah-rempah untuk mengusir panu.

Semua orang mempunyai kemungkinan yang sama terjangkit penyakit ini. Karena panu bersifat menular. Hal lain yang harus diperhatikan adalah, meski nantinya panu telah hilang, masih ada kemungkinan panu bisa muncul kembali. Beberapa cara untuk mencegah datangnya kembali jamur adalah dengan menjaga kebersihan kulit.

Tokopedia

“Di antaranya gunakan sandal ketika masuk kamar mandi umum, hindari penggunaan handuk bersama-sama, dan jangan lupa selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah bersentuhan dengan binatang peliharaan. Karena binatang peliharaan disinyalir bisa menularkan panu ke orang,” ujar salah praktisi herbal di Kenep, Sukoharjo, Sutarto, Senin (25/6/2018).

Bahan alami untuk melawan panu antara lain jahe dan  lengkuas. Menurut Sutarto, cara pengobatan panu menggunakan bahan alami sangat mudah. Caranya yaitu, pilihlah jahe dan lengkuas yang sudah tua. Setelah itu, cucilah sampai bersih dengan air bersih yang mengalir.

“Mencuci dengan air bersih yang mengalir itu dimaksudkan agar menghilangkan kotoran atau kalau pada rempah-rempah itu terpapar zat berbahaya [misal pestisida] agar bisa hilang terbawa air,” kata dia.

Setelah jahe dan lengkuas bersih, papar dia, kedua rempah-rempah itu diparut. Kemudian parutan kedua bahan tersebut ditempelkan pada kulit yang terjangkit panu. Pengobatan dengan menggunakan bahan alami seperti ini, kata Sutarto, harus telaten dan sabar. Sebab cara kerja obat alami seperti ini, menurut Sutarto, biasanya tidak bisa seketika langsung sembuh.

“Karena itu lakukan berulang kali dengan sabar. Biasanya keberhasilan pengobatan dengan bahan-bahan alami seperti ini, sedikit demi sedikit baru terlihat hasilnya,” ujar dia.