Ingin Anak Bahagia? Ini Tipsnya

Ilustrasi anak bahagia (scarymommy)
03 Agustus 2018 20:59 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Semua orang tua pasti menginginkan anak mereka bahagia. Namun kebanyakan orang tua berpikiran membahagiakan anak adalah dengan memberikan mereka hadiah mainan atau mengajak anak berlibur ke luar negeri. Apakah semua itu membuat seorang anak berbahagia? Ternyata tidak. Secara ilmiah, jawabannya adalah beri mereka tidur yang berkualitas.

Fakta tersebut terungkap dari sebuah survei dilakukan University of Melbourne dan program TV Behind the News pada 2017 dengan melibatkan 47.000 anak. Ternyata dari hasil survei diketahui tidur merupakan faktor penting dalam menentukan kebahagiaan anak.
Memiliki waktu tidur yang cukup akan membuat anak merasa dua kali lebih bahagia dibanding dengan anak yang kekurangan waktu tidur. Tidur yang berkualitas juga akan membuat anak merasa nyaman, fit, aktif dan mudah menerima pelajaran.

Tokopedia

Dari hasil survei juga terungkap, anak yang memiliki kualitas tidur yang buruk cenderung akan merasa kelelahan, tak semangat, sulit menerima pelajaran dan sangat sensitif. Emosinya pun jadi cenderung tak stabil dan sulit merasa bahagia.

Terkait kualitas tidur ini memang dipengaruhi banyak hal. Seperti kondisi keluarga, kenyamanan rumah dan faktor lainnya. Tidur berkualitas sangat dibutuhkan anak bukan hanya untuk mengembalikan kondisi fisik dan mengoptimalkan pertumbuhan mereka, tapi juga membuat mereka terlepas dari stres dan menstabilkan emosi mereka.

Dikutip dari liputan6.com, belum lama ini, selain tidur, ada beberapa hal yang juga mempengarui kebahagiaan seorang anak, seperti keluarga, teman, musik, dan olahraga. Anak kecil yang sering berinteraksi kepada keluarganya, sering membaca, melukis, dan beraktivitas cenderung merasa bahagia.

Aktivitas seperti masak-memasak berhubungan dengan kebahagiaan seorang anak perempuan. Sedangkan anak laki-laki cenderung merasa bahagia apabila bermain game dan berolahraga. Hewan peliharaan juga dapat memberikan rasa bahagia kepada anak di berbagai umur.