Lifestyle
Kamis, 25 April 2024 - 20:09 WIB

Dokter Rekomendasikan Pasien Stroke Makan Kacang-Kacangan

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kacang tanah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Dokter Spesialis Neurologi dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) dr. Mahar Mardjono, Jakarta, Beny Rilianto, merekomendasikan para pasien stroke untuk memakan kacang-kacangan karena mengandung antioksidan yang tinggi. Simak ulasannya di info sehat ini.

“Kacang-kacangan dianjurkan karena memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan bagus untuk pencegahan stroke di kemudian hari,” katanya dalam gelar wicara tentang stroke yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Advertisement

Kadar antioksidan yang tinggi, kata Beny, bagus dikonsumsi untuk menghambat peradangan yang diakibatkan oleh penyakit stroke.

Selain kacang-kacangan, dia juga merekomendasikan buah-buahan serta sayur-mayur berwarna merah atau ungu seperti apel, anggur, kol ungu, dan bayam ungu, untuk dikonsumsi pasien stroke.

Meski demikian ia mengimbau masyarakat untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi jenis buah-buahan tertentu seperti pisang, terlebih pada penderita diabetes, agar kadar gula darah tidak meningkat.

Advertisement

“Sehingga tidak semuanya dihindari, tapi juga tidak semuanya dikonsumsi,” ujar Beny dikutip dari Antara pada Kamis (25/4/2024).

Selain menganjurkan makan kacang-kacangan, Beny juga menganjurkan kepada pasien stroke untuk menghindari makanan-makanan berlemak tinggi seperti gorengan serta makanan yang mengandung santan.

Kedua jenis makanan tersebut, kata dia, dapat menyebabkan kadar kolesterol meningkat sehingga risiko serangan stroke dapat meningkat.

Advertisement

“Kalau pernah terkena stroke yang didasari tekanan darah tinggi, maka harus membatasi makanan dengan garam atau yang asin-asin seperti snack yang banyak bumbu itu harus dikurangi. Itu menyebabkan pembuluh darah rentan mengalami tekanan darah tinggi yang berisiko menyebabkan stroke,” tutur Beny Rilianto.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif