Ingin Turunkan Kadar Gula Darah? Makan Ini

Ilustrasi makan tomat (indiatoday)
04 Agustus 2018 22:17 WIB Iskandar Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Kadar gula darah yang normal pada tubuh penting bagi kinerja dan kesehatan tubuh. Kadar gula darah tinggi bisa membahayakan kesehatan. Jangan khawatir, ada cara mudah dan alami untuk menurunkan kadar gula darah.

Praktisi herbal Mulyadi yang ditemui di kediamannya di Bolon, Colomadu, Karanganyar,  Senin (12/2/2018), menyarankan agar mencoba mengonsumsi tomat dan kacang panjang untuk menurunkan kadar gula darah.

Sebab tomat yang nama ilmiahnya solanum lycopersicum dan kacang panjang (Vigna unguiculata  L.) walp) mempunyai sejumlah zat bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh.

Zat aktif utama dalam tomat yang ditemukan dalam jumlah besar adalah likopen. Likopen sangat bermanfaat bagi kesehatan. Zat ini antara lain dapat berfungsi sebagai antioksidan alami. Berbagai penelitian menemukan bahwa likopen dalam tomat akan lebih mudah diserap tubuh jika diproses menjadi olahan seperti jus, pasta dan lain-lain.

Buah tomat merupakan sumber makanan yang mengandung nutrisi tinggi, beberapa nutrisi yang ada dalam tomat di antaranya zat antioksidan likopen, vitamin C, potasium/kalium, folat, dan vitamin K.

Sedangkan kacang panjang mengandung betakarotin, vitamin C dan mineral mangan yang sangat penting dalam proses antioksidan dalam tubuh. Dengan konsumsi kacang panjang, secara berkala dapat membuat tubuh terhindar dari kelelahan dan racun yang Anda hirup saat terkena polusi udara di lingkungan.

Cara membuat racikan tomat dan kacang panjang untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi dinilai cukup mudah. Ambil kacang 12 batang dan satu buah tomat lalu dimakan mentah. “Untuk memudahkan mengonsumsi bisa diblender dan hasilnya bisa langsung diminum. Hasil blenderan itu bisa diminum sekaligus atau diminum dua kali pagi dan sore,” ujar dia.

Untuk mengetahui hasilnya, bisa dilakukan pengecekan di laboratorium. Dengan demikian bisa diketahui dengan pasti apakah kadar gula darah bisa diturunkan atau tidak.

Tokopedia