3 Trik Cerdas Pilih Mainan Aman untuk Anak

Ilustrasi lego (Pinterest)
05 Agustus 2018 23:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Mainan adalah barang yang pasti dimiliki anak-anak sebagai sarana hiburan sekaligus penunjang kreativitas. Sayangnya, meski cukup bermanfaat, tidak semua mainan aman bagi anak-anak. Tak sedikit mainan yang mengandung zat-zat berbahaya.

Meski terbilang sederhana, plastik yang banyak dipakai sebagai bahan pembuat mainan terkadang mengandung zat kimia berbahaya. Selain itu, kebanyakan pewarna mencolok yang dipakai untuk menarik perhatian juga dibuat dari bahan yang tidak aman.

Tokopedia

Alih-alih senang, si buah hati bisa saja keracunan gara-gara mainan tersebut. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, Anda harus lebih selektif dalam memilih mainan yang cocok bagi anak. Anda bisa memilih mainan anak dengan mengikuti petunjuk dari American Academy of family Physicians.

Mau tahu, apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum beli mainan anak-anak? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Baby Center, Sabtu (4/8/2018), di bawah ini:

Sesuaikan usia

Pilih mainan yang sesuai dengan usia si buah hati. Jangan sampai salah memberikan mainan yang justru berbahaya bagi anak. Berikan mainan berukuran besar untuk anak berusia di bawah tiga tahun guna mengurangi risiko tertelan.

Anda bisa memberikan mainan bongkar pasang seperti lego untuk anak berusia tiga tahun ke atas. Lego merupakan salah satu mainan anak terbaru yang paling disukai. Warna mencolok dan bentuknya yang bisa dibongkar pasang membuat mainan ini digandrungi. Selain itu, mainan itu sangat ampuh meningkatkan imajinasi dan kemampuan motorik anak.

Pilih mainan yang bisa dicuci

Belilah mainan yang bisa dicuci agar kuman yang menempel bisa hilang. Sebab, anak-anak biasanya sering menggigit dan mengemut mainan. Jangan sampai Anda membiarkan mainan yang sering diemut dimainkan begitu saja oleh si buah hati. Cucilah mainan itu minimal tiga kali dalam sepekan. Tapi, jika ingin benar-benar bebas dari kuman, maka bersihkan mainan itu setiap hari.

Hindari mainan elektrik

Mobil-mobilan elektrik memang sangat diminati anak-anak. Tapi, sebaiknya jangan terlalu sering memberikan mainan tersebut. Jika sudah terlanjur, maka pastikan baterainya dalam keadaan baik. Jangan sampai tempat baterai itu terbuka dan terbakar karena bisa membahayakan anak.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mainan untuk anak. Mulai sekarang, jangan salah pilih lagi. Jadilah orang tua cerdas dan bijak dengan memilih mainan yang tepat bagi anak.

Tak perlu khawatir, Anda bisa membeli mainan anak yang sesuai dengan memanfaatkan promo harian flash sale Tokopedia. Situs jual beli online itu juga jual board game terlengkap. Jadi, tunggu apalagi, belanja online aman dan nyaman #MulaiAjaDulu dari Tokopedia.