Ini Panci Ajaib Bikin Masak Jadi Lebih Mudah

Slow cooker (Pinterest)
06 Agustus 2018 23:40 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Pernah mendengar nama alat slow cooker? Bagi Anda yang suka memasak mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama alat ini. Alat dapur yang satu ini memang masih asing bagi masyarakat Indonesia. Namun, lain halnya dengan masyarakat luar negeri yang menjadikan alat ini sebagai piranti wajib di dapur.

Dikutip dari BBC Good Food, Senin (6/8/2018), slow cooker adalah alat masak elektrik yang dipakai untuk memasak secara perlahan dengan suhu rendah. Alat ini sangat cocok dipakai untuk memasak sup atau bubur dengan mudah tanpa menghilangkan kandungan gizi bahan di dalamnya. Sederhananya, cara kerja slow cooker sama dengan rice cooker. Bedanya, slow cooker bisa dipakai memasak berbagai hidangan, sementara rice cooker kecil hanya nasi.

Tokopedia

Slow cooker terbaru bekerja dengan cara menjebak panas untuk mematangkan bahan makanan di dalam panci dengan waktu sekitar 3-12 jam. Dengan cara kerja tersebut, slow cooker dapat mengempukkan dan membuat bumbu meresap ke dalam daging dengan sempurna.

Slow cooker bisa digunakan untuk mengolah hidangan yang harus dimasak dengan api kecil dan lama, seperti sup, bubur, makanan bayi, kaldu, hingga mengungkep ayam. Cara menggunakannya cukup mudah. Masukkan semua bahan yang hendak diolah ke dalam panci, kemudian tambahkan air sampai bahan masakan terendam atau sekitar 2/3 dari tinggi panci. Tidak perlu khawatir gosong, proses memasak yang lama akan menjaga kualitas bahan masakan di dalamnya.

Jika ingin menggunakan cairan tambahan seperti susu dan santan, sebaiknya masukkan di tengah proses memasak. Sebab, kedua bahan makanan itu tidak mudah menyatu dalam masakan. Sementara untuk memasak bahan yang beku sebaiknya didiamkan terlebih dahulu agar bisa matang merata. Bahan makanan dari tepung seperti mi dan pasta sebaiknya direbus terlebih dahulu. Sedangkan untuk ikan dan makanan laut lainnya sebaiknya dimasukkan di akhir proses memasak agar tidak terlalu amis dan hancur.

Setelah dipakai, matikan slow cooker dan cabut kabelnya sebelum dibersihkan. Cuci bagian panci dan penutupnya saja. Sementara bagian luarnya cukup dilap dengan kain lembap. Bagaimana, mudah bukan cara menggunakannya? Tertarik untuk memilikinya?

Coba cek harga slow cooker terbaru di kumpulan toko online terpercaya, Tokopedia. Tenang saja, slow cooker merupakan alat yang hemat energi. Soal harga, jangan khawatir. Anda bisa memilih slow cooker yang dibutuhkan dengan harga pas di kantong. Ribuan penjual di Tokopedia membantu Anda mendapatkan model slow cooker yang diinginkan. Pilih slow cooker, #MulaiAjaDulu di Tokopedia.