Pakai Masker Terlalu Lama Bikin Kulit Iritasi

Ilustrasi memakai masker wajah (Hbfit.com)
07 Agustus 2018 11:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Memakai masker adalah salah satu cara ampuh menghaluskan kulit wajah. Perawatan wajah ini umum dilakukan, khususnya di musim peralihan seperti saat ini. Curah hujan yang minim membuat lingkungan sekitar terasa kering. Meski seringkali terasa dingin, kenyataannya suhu udara yang rendah itu membuat kulit semakin kering.

Nah, di musim peralihan seperti ini melakukan perawatan wajah dengan masker menjadi cara terbaik untuk menjaga kecantikan kulit. Kebanyakan orang biasanya memakai masker secara asal-asalan, seperti membiarkannya menempel terlalu lama di kulit dan mengabaikan petunjuk pemakaiannya.

Tokopedia

Padahal, aturan setiap masker jelas berbeda. Biasanya seseorang membiarkan masker menempel lebih lama di wajah dengan alasan mendapatkan hasil maksimal. Padahal, cara ini justru bisa merusak kulit. Masker yang dibiarkan terlalu lama menempel di wajah memicu iritasi.

"Sebaiknya perhatikan waktu pemakaian masker yang tertulis di kemasan. Setiap masker memiliki waktu pemakaian yang berbeda. Membiarkan masker menempel di kulit lebih lama dari waktu yang dianjurkan bukanlah hal yang tepat," kata ahli kulit Sarah Chapman seperti dikutip dari Cosmopolitan, Senin (6/8/2018).

Sarah Chapman menambahkan, masker bekerja efektif saat masih basah. Jika sudah mengering, formula di dalam masker tidak dapat berfungsi dengan baik. "Membiarkan masker menempel di wajah terlalu lama bukanlah cara yang tepat. Sebab, masker bekerja dengan baik saat masih basah. Jika sudah kering, masker tidak lagi berfungsi, justru membuat kulit wajah keriput dan memicu iritasi," sambung dia.

Mulai sekarang, hentikan kebiasaan memakai masker dalam waktu lama. Apalagi jika masker tersebut mengandung charcoal, tea tree oil, serta clay. Bahan-bahan tersebut berfungsi menyerap minyak sehingga membuat kulit terasa kering.

Agar hasil yang diperolah dari masker maksimal, sebaiknya oleskan serum atau pelembap khusus setelahnya. Dua produk ini berfungsi menutrisi kulit setelah pemakaian masker.