Ini Manfaat Daun Kelor untuk Kulit Wajah

Ilustrasi keriput di wajah (leaftv)
07 Agustus 2018 17:58 WIB Iskandar Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Keriput atau kerutan di wajah merupakan proses alami seiring pertambahan usia. Namun hal alami ini acapkali justru ditakuti sebagian besar wanita. Jangan khawatir, ada cara mudah menghambat munculnya keriput di wajah.

Guru SMK Kesehatan Citra Medika, Gatak, Sukoharjo, Hardiyo, ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (11/5/2018), mengatakan daun kelor (Moringa oleifera) diyakini mampu menghambat keriput kulit, menghilangkan noda hitam, antioksidan dan sebagainya. Sebab daun ini diketahui mengandung vitamin A, C dan E.

“Ketiga vitamin ini bagus untuk antioksidan, regenerasi kulit dan sebagainya. Untuk memperoleh khasiat optimal, daun kelor dibuat masker dicampur dengan beras,” ujar dia.

Cara membuatnya ramuannya, kata dia, sangat mudah. Pertama ambil beras kemudian digiling. Setelah lembut gilingan beras itu dijemur di sinar matahari sampai kering, kemudian diblender.

Hasil blenderan beras ini, papar Hardiyo, kemudian dicampur dengan serbuk daun kelor yang juga telah diblender hingga lembut. Tentu saja daun kelor yang akan digunakan untuk bahan masker itu dicuci bersih dengan air mengalir.

Menyinggung komposisi atau perbandingan bahan yang digunakan, yaitu 1:3 atau 1:4. Artinya, kata dia, jika daun kelor yang akan digunakan sebanyak satu bagian, beras yang digunakan sebanyak tiga bagian atau empat bagian. “Kalau daun kelor yang diperlukan 100 gram, maka beras yang diperlukan sebanyak 400 gram,” ungkap dia.

Setelah itu kedua bahan dicampur sampai merata. Setelah bercampur rata, maka masker daun kelor siap digunakan.  Untuk mendapatkan hasil maksimal, kata dia, ambil serbuk campuran daun kelor dan beras kemudian dituangi air secukupnya sekadar untuk membasahi serbuk daun kelor dan beras yang telah diblender tersebut.

Jika digunakan untuk masker di wajah, kata Hardiyo, sebaiknya setelah disapukan di wajah tunggu kira-kira 15 menit. “Masker ini bisa digunakan sehari dua kali sebelum mandi,” kata Hardiyo.