Sehatkah Minum Air Isi Ulang Setiap Hari?

Ilustrasi air minum isi ulang (Youtube)
08 Agustus 2018 06:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Membeli air minum yang bisa langsung diminum di depot isi ulang air minum semakin diminati masyarakat. Tidak perlu repot merebus, Anda bisa langsung meminum air minum isi ulang dari depot tersebut. Apakah Anda termasuk konsumen air minum isi ulang?

Jika iya, Anda perlu waspada. Meski air isi ulang tersebut telah diproses dengan alat penyaring berstandar tinggi, belum tentu bakteri di dalamnya hilang. Dalam beberapa kasus masih ditemukan bakteri E. Coli pada air minum tersebut. Bayangkan saja, bagaimana jadinya bila air tersebut langsung diminum dan bakterinya masuk ke dalam tubuh? Anda pasti akan mengalami masalah pencernaan seperti diare.

Dikutip dari Okezone, Selasa (7/8/2018), depot air minum isi ulang harus memiliki surat kelayakan dari Dinas Kesehatan. Namun, kenyataannya banyak yang belum memiliki surat tersebut bahkan belum mendaftar.

Tapi, bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali mengonsumsi air minum isi ulang. Anda tetap bisa mengonsumsi airnya dengan merebusnya terlebih dahulu. Cara ini dilakukan untuk membunuh bakteri yang mungkin hidup di dalam air.

Selain itu, pastikan Anda mencuci galon yang dipakai sebagai wadah air isi ulang. Pastikan depot air minum yang Anda kunjungi membersihkan galon dengan benar. Pastikan pula dispenser kecil di rumah Anda bersih. Anda bisa mengelap dispenser tersebut dengan tisu antiseptik.

Jika ingin lebih aman dan praktis, Anda bisa memakai dispenser galon bawah. Dispenser model ini memudahkan Anda dalam mengganti galon berisi air minum. Anda tidak perlu repot mengangkat galon yang berisiko tumpah. Kumpulan toko online terpercaya, Tokopedia, menjual beragam merek dispenser galon bawah terbaik. Anda bisa memilih berbagai model dengan harga yang nyaman di kantong. Tunggu apalagi, pilih dispenser terbaik #MulaiAjaDulu di Tokopedia.

Tokopedia