Atasi Batuk dengan Bahan Alami

Ilustrasi batuk (livestrong)
08 Agustus 2018 20:36 WIB Iskandar Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Batuk merupakan salah satu refleks tubuh untuk mengeluarkan zat yang berbahaya seperti bakteri atau benda asing. Sayangnya, bentuk perlindungan tubuh ini kadang mengganggu aktivitas. Untuk itu, batuk perlu diatasi agar kita dapat kembali beraktivitas dengan nyaman.

Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan di rumah untuk mengatasi batuk. Menurut Ketua Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Trampil Mandiri Desa Bolon, Colomadu, Karanganyar, Titi Sayekti, batuk bisa diatasi dengan obat herbal atau tanam-tanaman di sekeliling rumah. “Untuk mengobati batuk kita bisa membuat jamu beras kencur,” ujar dia ketika ditemui di kediamannya, belum lama ini.

Tokopedia

Bahan yang diperlukan adalah beras, kencur, cengkih, kayu manis, dan gula jawa. Bahan-bahan itu bisa untuk meredakan batuk, melegakan pernapasan, menghangatkan tubuh, dan sebagainya. Komposisi bahan yang dibutuhkan, kata dia, yaitu beras 1/4 kilogram, gula jawa dua kilogram, kencur satu kilogram, cengkih lima buah, kayu manis kira-kira dua potong agak besar.

Cara membuatnya mudah yaitu beras disangrai sampai kering tapi jangan sampai gosong. Sebab kalau gosong dikhawatirkan karbonnya terlalu tinggi sehingga tidak baik dikonsumsi. Setelah itu beras terus ditumbuk kemudian disaring dan kencurnya diiris kecil-kecil lalu diparut, diperas diambil air atau sarinya saja.

“Sebelumnya kencur yang akan digunakan untuk bahan jamu itu dicuci bersih dengan air mengalir. Dengan demikian kotoran yang menempel pada kencur larut,” papar dia. Untuk gula jawa atau gula merah yang sudah disiapkan, ungkap dia, segera dilarutkan dengan air 1,5 liter sampai cair. Selanjutnya bahan-bahan lain yang sudah disiapkan segera dimasukkan.

Racikan itu lalu direbus dan diaduk terus hingga berubah agak kental. “Setelah mendidih dan agak mengental, racikan yang direbus bisa diangkat dan dinginkan. Kalau ingin menyimpan, rebusan itu setelah dingin disaring dan bisa dimasukkan ke botol," jelasnya.