Nyeri Sakit Gigi? Redakan dengan Bahan Alami Ini

Ilustrasi sakit gigi (freepik)
08 Agustus 2018 21:02 WIB Iskandar Lifestyle Share :


Solopos.com, SOLO-Sakit gigi memang terasa sangat mengganggu. Rasa nyeri akibat sakit gigi terkadang bisa menimbulkan sakit kepala. Untuk mengatasi nyeri akibat sakit gigi, ada bahan alami yang bisa Anda gunakan.

“Orang yang terkena sakit gigi sering kali tidak tahan. Karena sakitnya memang luar biasa dan sering kali hal ini disertai dengan sakit kepala,” ujar salah seorang herbalis di Desa Gajahan, Colomadu, Karanganyar, Marsito Bismo yang ditemui di kediamannya, Senin (2/4/2018).

Tokopedia

Dia mengatakan, bagi mereka yang mempunyai pohon kemuning bisa dimanfaatkannya. Karena pohon yang nama ilmiahnya Murraya paniculata ini ampuh meredam rasa nyeri akibat sakit gigi. Caranya, papar dia, dengan memanfaatkan kulit kayu pohon kemuning dicampur gambir yaitu salah satu material yang digunakan untuk makan sirih. Takarannya, ambil kulit kayu kemuning sebanyak satu ruas jempol tangan dicampur gambir separuhnya.

“Kulit kayu pohon kemuning itu dicuci bersih lalu ditumbuk agar lembut. Setelah itu racikan tersebut diletakkan pada gigi yang berlubang atau yang sakit dengan digigit. Lakukan hal itu selama 10 menit,” kata dia.

Jika nanti keluar air liur, ujar dia, gunakan atau manfaatkan sekaligus air liur itu untuk berkumur-kumur hingga beberapa saat. Setelah itu air liur bercampur kulit pohon kemuning dan gambir itu dibuang. Selanjutnya, papar dia, diamkan selama kira-kira satu jam dengan tidak makan dan tidak minum. Biasanya rasa nyeri akibat sakit gigi akan hilang atau setidaknya reda.

Menurut dia kulit pohon kemuning bisa menggunakan yang masih basah maupun yang sudah kering. Jka Anda memiliki kulit pohon kemuning yang kering, bisa disimpan dan digunakan untuk membuat ramuan baru. "Racikan kulit kayu kemuning dan gambir itu ternyata dulu juga digunakan untuk obat sakit gigi oleh salah satu jamu terkenal. Ternyata banyak juga yang cocok,” ujar dia.