Ingin Mata Tetap Sehat? Yuk Rajin Mengonsumsi Makanan Ini

Ilustrasi wortel (diynetwork)
08 Agustus 2018 21:31 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Jika penglihatan sering kabur, bisa jadi Anda kekurangan nutrisi penunjang. Makanan punya pengaruh besar meningkatkan kesehatan mata, terutama dalam menunjang kemampuan untuk melihat. Dikutip dari Step to Health dan ditulis liputan6.com, belum lama ini, berikut enam jenis makanan yang meningkatkan kesehatan penglihatan.

Sayuran hijau
Jika ada masalah penglihatan, bisa jadi Anda kurang mengonsumsi sayuran hijau. Padahal, sayuran hijau kaya akan betakaroten yang menjadi dasar dalam pembentukan vitamin A. Vitamin A menghasilkan retinol yang dapat membantu pembentukan retina dan mencegah sindrom mata kering. Sayuran hijau yang baik bagi penglihatan adalah seledri dan selada.

Melon
Kesehatan mata bisa dijaga dengan mengonsumsi melon. Buah berdaging kuning ini kaya vitamin A yang meningkatkan kemampuan penglihatan.

Makanan kaya vitamin C
Tak hanya vitamin A, makanan kaya vitamin C sangat baik menjaga kesehatan mata, salah satunya jeruk. Buah ini bersifat antioksidan yang dapat mencegah penurunan kemampuan penglihatan akibat bertambahnya usia dan radikal bebas.

Wortel
Salah satu jenis sayuran ini memang terkenal dengan khasiatnya yang dapat menjaga kesehatan mata serta meningkatkan kemampuan penglihatan. Hal ini karena wortel kaya akan beta karoten dan vitamin A. Selain itu, kandungan lainnya yang terdapat pada wortel yaitu vitamin C dan B1, serta mineral seperti potasium dan iodin. Konsumsi wortel dapat menjaga kemampuan penglihatan meski Anda memasuki usia senja.

Hati
Salah satu organ dari hewan ini ternyata juga dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan asam lemak omega-3 pada hati sapi dan ayam dapat menjaga kesehatan mata serta meningkatkan kemampuan penglihatan Anda.