Tahukah Anda?: Begini Cara Cek Keaslian Uang

Ilustrasi uang (Solopos/Whisnupaksa Kridangkara)
12 Agustus 2018 02:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Peredaran uang palsu cukup sulit dihentikan. Meski berbagai cara telah dilakukan, tetap saja masih ada uang palsu yang beredar luas. Apalagi Bank Indonesia baru saja meluncurkan uang baru.

Peluncuran uang kertas baru itu merupakan upaya untuk menekan peredaran uang palsu. Namun, hal itu tak membuat pemalsu kehilangan akal. Mereka seringkali memanfaatkan kesempatan itu untuk memalsukan uang baru.

Jadi, masyarakat harus lebih jeli memperhatikan uang kerta yang dimiliki. Jangan sampai uang tersebut palsu dan tidak bisa dipakai untuk bertransaksi. Anda bisa mengetes keaslian uang dengan menerapkan prosedur 3D, dilihat, diraba, dan diterawang.

Lihat warna uang kertas dengan seksama. Pastikan warnanya terang dan tidak ada kesalahan cetak sedikitpun. Selanjutnya, terawang uang kertas tersebut. Perhatikan apakah watermark pada uang kertas tersebut terlihat dengan jelas. Terakhir, raba uang kertas yang dimiliki. Uang kertas asli biasanya bertekstur agak kasar.

Jika masih ragu, Anda bisa memanfaatkan alat pendeteksi uang palsu untuk mengetes keasliannya. Money detector berfungsi untuk memeriksa keaslian uang dengan menunjukkan tanda khusus. Cara menggunakannya sangat mudah, hanya dengan menyorotkan sinar ultraviolet pada uang kertas.

Bagi pemilik usaha sangat perlu memiliki money detector. Anda juga tentu membutuhkan mesin hitung uang untuk memudahkan pekerjaan bukan? Nah, semua barang yang Anda butuhkan itu bisa ditemukan dengan mudah di kumpulan toko online terpercaya, Tokopedia.

Tokpedia menyediakan berbagai macam barang dan jasa yang dibutuhkan pelanggan. Berbagai transaksi melalui Tokopedia bisa dilakukan dengan sangat mudah. Cukup sekali klik, semua kebutuhan bakal terpenuhi. Nikmati kemudahan belanja online, #MulaiAjaDulu di Tokopedia.





Tokopedia