Resep Pie Susu Bali Lezat Tanpa Oven

Pie susu (Pictagram)
12 Agustus 2018 14:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Pie susu merupakan kuliner yang menjadi oleh-oleh khas Bali. Namun, pie susu memiliki sejarah yang panjang sebelum dikenal sebagai makanan khas Bali. Sejumlah sumber menyebut kue ini berasal dari Eropa, Yunani, hingga Hong Kong.

Terlepas dari sejarahnya yang rumit, pie susu tetap menjadi kudapan lezat yang disukai banyak orang, mulai anak-anak hingga dewasa. Harga pie susu di pasaran memang cukup terjangkau. Namun, Anda tentu tidak mengetahui kualitas bahan yang dipakai untuk membuat kudapan ini bukan?

Nah, daripada membeli, ada baiknya Anda membuat pie susu Bali asli di rumah. Mau tahu resepnya? Simak ulasan yang disajikan khusus Solopos.com, Sabtu (11/8/2018), di bawah ini:

Bahan kulit:

500 gram tepung terigu protein tinggi

300 gram margarin

150 gram gula halus

1 butir telur

Bahan isi:

3 butir kuning telur

50 gram gula pasir

150 gram susu kental manis

250 ml susu cair

25 gram rhum pasta

Cara membuat kulit:

Campur semua bahan kering, aduk sampai rata. Masukkan margarin, aduk sampai adonan bertekstur seperti pasir. Selanjutnya masukkan telur, aduk adonan sampai menggumpal. Cetak adonan dalam cetakan pie atau wajan teflon bagi yang tidak memiliki oven.

Cara membuat isian:

Campur semua bahan aduk sampai gula larut. Saring adonan dan bahan isian siap digunakan. Tuangkan isian ke adonan yang telah dicetak.

Terakhir, panggang pie selama 20 menit sampai matang. Potong-potong, dan kue pie siap disajikan.

Demikian cara membuat pie susu. Jika merasa kesulitan, Anda bisa membelinya di marketplace Indonesia, Tokopedia, sekaligus dengan biskuit monde. Banyak penjual pie maupun kue lain yang bakal melayani dengan ramah, cepat, dan mudah. Tunggu apalagi, butuh camilan? #MulaiAjaDulu di Tokopedia untuk mencari camilan yang cocok.