Ini Dia Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Ilustrasi minyak zaitun (pngtree)
13 Agustus 2018 19:41 WIB Iskandar Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Radikal bebas dan pola makan tidak sehat bisa memicu penuaan dini, yang akhirnya muncul keriput dan kerutan di wajah.  Ada cara mudah untuk menangkal radikal bebas ini, salah satunya dengan krim dari minyak zaitun.

Ketua Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Trampil Mandiri, Bolon, Colomadu, Karanganyar, Titi Sayekti, belum lama ini, mengatakan beberapa waktu lalu kelompoknya di bawah bimbingan tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Farmasi serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Setia Budi (USB) Solo mengadakan pelatihan pembuatan krim dari minyak zaitun.

“Minyak zaitun yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh tidak hanya bisa dikonsumsi dengan cara diminum, tapi bisa dibuat krim untuk kulit luar dan berfungsi sebagai antioksidan,” papar dia yang beberapa kali menggembleng anggotanya dengan berbagai pengetahuan herbal ini.

Menurut dia, krim dari minyak zaitun memiliki manfaat antioksidan serta dapat melembutkan kulit. Titi membeberkan pembuatan krim dari minyak zaitun menggunakan teknologi mikroemulsi dan menggunakan alat mikser untuk membuat sediaan krim menjadi lebih stabil serta berkualitas sesuai yang dipersyaratkan.

Teknologi mikroemulsi yakni campuran minyak, air, dan surpaktan (untuk campur minyak dan air agar bisa menjadi satu).  Bahan yang diperlukan antara lain, minyak zaitun sebagai bahan aktif utama, sitostearil alkohol, setil alkohol, asam stearat, trietanolamin, gliserin, propilen glikol, nipagin, nipasol, air, dan parfum.

Cara pembuatan fase minyak yakni, sitostearil alkohol, setil alkohol, asam stearat dan nipagin dilebur di atas penangas air sampai meleleh sempurna. Tambahkan minyak zaitun serta diaduk hingga tercampur homogen. Kedua fase air yakni air dihangatkan di atas penangas air, kemudian ditambahkan nipasol, trietanolamin, gliserin, propilen glikol diaduk hingga tercampur sempurna.

Setengah dari fase air ini ditambahkan sedikit demi sedikit ke dalam fase minyak sambil diaduk. Dalam keadaan panas, tuang campuran fase minyak dan air dalam sebuah tempat sambil diaduk pelan-pelan danl ditambahkan sedikit demi sedikit sisa fase air. Tambahkan parfum secukupnya.

Aduk campuran hingga terbentuk adonan yang lengket. “Untuk takaran bahan-bahan sesuai dengan berapa banyak krim yang akan dibuat,” kata Titi. Menurutnya gunakan sebagai krim kulit, cukup dioleskan tipis dua kali sehari.

Tokopedia