Diare? Atasi dengan Ramuan Kayu Secang

Ilustrasi diare (livestrong)
13 Agustus 2018 20:26 WIB Iskandar Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Diare, terutama jika terjadi di malam hari, tentu terasa sangat mengganggu. Untuk mengatasinya ada bahan alami yang bisa Anda manfaatkan yaitu kayu secang dan daun salam.

Salah seorang guru SMK Kesehatan Unggulan Bintang Nusantara, Karanganyar, Fitri Solekhah, belum lama ini, mengatakan bagi mereka yang kesulitan mendapatkan obat-obatan di apotek atau toko obat, bisa memanfaatkan kayu secang dan daun salam. Kedua bahan yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan bumbu dapur ternyata banyak bermanfaat bagi kesehatan.

Karena kayu secang (Caesalpinia sappan) dan daun salam (Syzygium polyanthum), keduanya mengandung banyak zat bermanfaat di antaranya mengandung zat aktif tanin. Zat tersebut  bermanfaat untuk menghentikan diare.

Untuk membuat racikan tersebut, kata dia, ambil serutan kayu secang sebanyak satu genggam ditambah lima lembar daun salam segar yang sudah tua. Setelah dicuci bersih kedua bahan tersebut direbus dengan air sebanyak 300 mili liter atau 1,5 gelas belimbing sampai mendidih. Tunggu hingga dingin atau suam-suam kuku sebelum diminum.

“Khusus untuk obat diare sebaiknya rebusan ramuan tersebut jangan diberi gula. Karena kalau diberi gula rasa pahit atau sepetnya hilang. Dikhawatirkan kalau rasa tersebut hilang dan berubah menjadi manis karena gula, racikan tersebut menjadi kurang manjur,” ujar dia.

Untuk takaran ramuan tersebut, ungkap Fitri, bisa dikonsumsi tiga kali dalam satu hari. Masing-masing minum kira-kira satu gelas belimbing sehingga dalam satu hari bisa mengonsumsi tiga gelas belimbing.