Kafein Memengaruhi Kesuburan Wanita, Benarkah?

Ilustrasi minum kopi (freepik)
13 Agustus 2018 21:03 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Jika Anda sedang memiliki program untuk memiliki anak, sebaiknya hindari minum kopi secara berlebihan. Menurut pakar, mungkin saja kopi memengaruhi kesuburan jika asupan kafein yang dikonsumsi berlebihan.

Beberapa penelitian menemukan hubungan antara mengonsumsi asupan kafein seperti minum kopi membuat sulit hamil. Salah satu studi yang menunjukkan hubungan asupan kafein berlebih memengaruhi kesuburan dimuat di British Journal of Pharmacology. Penelitian pada tikus menunjukkan kafein berlebihan menghambat kontraksi di tuba falopi yang dibutuhkan untuk membawa sel telur ke rahim.

"Temuan ini memberikan penjelasan menarik kenapa wanita yang mengonsumsi kafein berlebihan [seperti minum kopi] seringkali butuh waktu lebih lama untuk hamil dibanding wanita yang tidak mengonsumsi kafein," kata Sean Ward dari University of Nevada di Amerika Serikat seperti dikutip dari dailymail.co.uk dan ditulis liputan6.com, belum lama ini.

Walau begitu, para peneliti hingga kini belum menemukan hubungan konsumsi asupan kafein sedang terhadap masalah kesuburan pada wanita. Menurut rekomendasi, batas aman adalah 200-300 mg kafein per hari.

"Minum satu cangkir kopi sehari itu tak masalah," kata dokter spesialis New York-Presbyterian Hospital/Weill Cornell Medicine, Alexis Melnick seperti dikutip dari laman Brides.

Perlu diketahui juga, bukan hanya kopi yang mengandung kafein. Minuman lain yang mengandung kafein di antaranya teh, cokelat, es krim kopi, dan minuman berenergi.