Lemak Perut Sulit Luntur? Ini Penyebabnya

Ilustrasi lemak di perut (Metrodove.com)
16 Agustus 2018 05:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Menurunkan bobot tubuh tidak bisa dilakukan dengan cara instan. Butuh proses panjang untuk mendapatkan bobot tubuh ideal sesuai yang diinginkan. Caranya adalah dengan mengatur pola makan dan berolahraga secara rutin.

Sayangnya, banyak orang yang tidak sabar dalam menjalani program diet sehingga bobot tubuh tak kunjung turun. Mereka biasanya putus asa karena bentuk tubuh tak kunjung mengalami perubahan. Maklum saja, lemak yang telah lama tertimbun di dalam tubuh memang cukup sulit dihancurkan, khususnya yang berada di bagian perut dan paha.

Lemak yang menonjol di perut biasa disebut dengan viseral, sementara yang di bawah lengan dan paha bernama subkutan. Dikutip dari Times of India, lemak viseral bersarang di rongga perut yang membungkus organ internal, seperti hati dan limpa. Jumlah lemak viseral yang berlebihan dapat mengganggu fungsi organ di dalam tubuh. Sayang, lemak yang satu ini sulit untuk dilihat dengan mata telanjang.

Sementara lemak subkutan yang tersimpan di bawah kulit bisa dilihat jelas dengan cara dicubit. Keberadaan lemak itu dapat dideteksi dengan mudah ketika dicubit atau dijepit menggunakan tangan. Lemak yang satu ini sebenarnya dibutuhkan untuk menghangatkan tubuh. Tapi, jika jumlahnya terlalu banyak berakibat buruk karena menjadi tanda obesitas.

Dikutip dari Live Strong, saat seseorang melakukan diet dan rutin berolahraga, lemak di perut akan lebih dulu luntur. Namun, pembakaran lemak ini cukup sulit dilakukan seiring bertambahnya usia. Sebab, lemak tersebut merupakan jaringan aktif yang dapat melepaskan hormon tertentu, seperti kortisol.

Semakin tinggi hormon kortisol, maka tubuh bakal menyimpan lemak dalam jumlah banyak. Hal itu disebabkan karena kortisol merangsang rasa lapar. Kadar kortisol berlebih itulah yang membuat perut seseorang membuncit. Kondisi ini akan semakin parah jika orang tersebut stres. Nafsu makan semakin tidak terkontrol yang menyebabkan lemak semakin bertumpuk.

Meski demikian, jangan berhenti berolahraga dan diet untuk menurunkan bobot tubuh. Selain mengatur pola makan, lakukan olahraga kardio seperti lari, bersepeda, atau aerobik untuk membantu membakar lemak di perut. Anda juga bisa melakukan latihan angkat beban, push up, sit up, dan squats agar lemak di perut cepat luntur.

Tokopedia