Kapan Waktu Terbaik Minum Teh Hijau?

Teh hijau (Pictagram)
17 Agustus 2018 10:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Teh hijau merupakan salah satu minuman alami yang memiliki segudang khasiat untuk tubuh. Selain meningkatkan kekebalan, teh hijau juga dipercaya mampu menurunkan bobot tubuh. Teh hijau jugan mengandung antioksidan alami yang berfungsi menangkal radikal bebas. Jadi, minuman tersebut dapat membantu meremajakan kulit.

Segudang manfaat dari teh hijau itu bakal terasa jika diminum di waktu yang tepat. Nah, kapan waktu terbaik minum teh hijau? Dilansir Boldsky, Kamis (16/8/2018), teh hijau sebaiknya di minum di sela-sela makan, sebelum berolahraga, dan dua jam sebelum tidur. Manfaat teh hijau bakal semakin terasa jika Anda mengonsumsinya sekitar dua sampai tiga gelas per hari. Hal tersebut sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan tim riset dari University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat.

Hasil penelitian itu menyebutkan minum teh hijau membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Teh hijau mengandung flavonoid dan polifenol yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus meremajakan kulit dan rambut.

Selama ini, kebanyakan orang minum teh hijau di pagi hari. Padahal, minum teh hijau dalam kondisi perut kosong berbahaya bagi hati. Sebaiknya minumlah teh hijau pada pukul 10.00 atau 11.00 pagi untuk membantu meningkatkan proses metabolisme.

Anda juga bisa meminum teh hijau dua jam sebelum atau sesudah makan. Bagi penderita anemia, sangat tidak disarankan minum teh hijau di sela-sela makan. Sebab, antioksidan dalam teh hijau dapat menurunkan tekanan darah secara drastis.

Minum teh hijau sebelum berolahraga juga sangat membantu melunturkan lemak. Kandungan kafein di dalamnya membantu meningkatkan stamina saat berolahraga. Selama ini, banyak orang beranggapan minum teh hijau di malam hari tidak baik bagi tubuh. Sebab, teh hijau mengandung kafein yang mengganggu kualitas tidur di malam hari.

Anggapan itu memang tidak sepenuhnya salah. Tapi, minum teh hijau di malam hari boleh saja dilakukan, maksimal dua jam sebelum tidur. Minuman ini dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang telah menurun.