Usir Ketombe dengan Jahe

Ilustrasi kulit kepala berketombe (Healthline.com)
18 Agustus 2018 09:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Ketombe adalah masalah yang paling sering muncul di rambut. Ketombe membuat kulit kepala gatal, kering, bahkan bersisik. Tak jarang, ketombe membuat rambut rontok lebih banyak. Sampo anti-ketombe yang dijual bebas di pasaran nyatanya tidak 100 persen mampu menghilangkan ketombe.

Menyelesaikan masalah ketombe memang tidak cukup hanya dengan menggunakan sampo anti-ketombe saja. Anda bisa melakukan perawatan dengan bahan alami seperti jahe untuk mengusir ketombe dari kulit kepala. Enggak percaya?

Dilansir Boldsky, Kamis (16/8/2018), kandungan antiseptik pada jahe dapat membantu mengatasi masalah ketombe tanpa efek samping. Jahe mampu menghilangkan jamur di kulit kepala dengan cepat tanpa merusak rambut. Bahkan, jahe bisa merangsang pertumbuhan rambut. Mau tahu ramuan jahe yang ampuh membasmi ketombe? Simak ulasannya di bawah ini:

Jahe dan minyak kelapa

Campurkan satu ruas jahe parut dengan dua sendok makan minyak kelapa. Oleskan ramuan ini ke kulit kepala dan diamkan selama 40 menit. Setelah itu, bilas rambut menggunakan sampo seperti biasa. Lakukan perawatan ini dua kali sepekan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jahe dan minyak zaitun

Buatlah ramuan yang sama seperti di atas dengan mengganti minyak kelapa dengan minyak zaitun. Oleskan ramuan ini ke kulit kepala sambil dipijat lembut selama lima menit. Biarkan ramuan itu meresap sekitar 30 menit, kemudian keramaslah dengan sampo. Lakukan perawatan ini minimal tiga kali sepekan agar hasilnya maksimal.

Jahe dan lemon

Jahe dan lemon merupakan bahan alami yang ampuh menghilangkan ketombe. Campurkan dua sendok makan air perasan jeruk lemon dengan satu ruas jahe parut. Oleskan ramuan ini ke kulit kepala dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air hangat dan ulangi perawatan sampai mendapatkan hasil terbaik.