Keutamaan Puasa Arafah, Sehari Sebelum Iduladha

Ilustrasi puasa (Thecable)
20 Agustus 2018 15:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Hari Raya Iduladha 1439 H sudah di depan mata. Hari raya kurban tersebut dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Dzulhijjah merupakan salah satu bulan istimewa dalam kalender qamariyah. Ada berbagai amalan yang dianjurkan untuk dilakukan (sunnah muakad) setiap muslim untuk menyambut datangnya bulan tersebut, salah satunya puasa Arafah.

Puasa Arafah adalah puasa sunah yang dilaksanakan setiap tanggal 9 Dzulhijjah. Disebut sebagai puasa Arafah karena hari itu bertepatan dengan pelaksanaan wukuf di Padang Arafah oleh jemaah haji. Jadi, puasa ini hukumnya sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji.

Teknis pelaksanaan puasa Arafah mitip dengan puasa lainnya. Puasa ini sangat dianjurkan untuk ikut merasakan nikmat seperti orang-orang yang sedang menjalankan haji di Tanah Suci, Mekah, Arab Saudi.

Dikutip dari situs Nu.or.id, Senin (20/8/2018), keutamaan puasa Arafah tertuang dalam hadis riwayat Abu Qatadah. Puasa ini dapat menghapuskan dosa tahun lalu dan yang akan datang. "Rasulullah bersabda: puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa tahun lalu dan yang akan datang. Sementara puasa hari As-Syura (10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas," hadis riwayat Muslim.

Selain itu, sejumlah ulama berpendapat puasa Arafah memiliki banyak keistimewaan lain. Di antaranya adalah, Allah akan mengampuni dosa-dosanya selama dua tahun, yakni tahun lalu dan yang akan datang. Jadi, orang yang menjalankan puasa tersebut akan dijaga dari perbuatan dosa selama dua tahun. Selain itu, orang yang berpuasa Arafah juga terhindar dari siksa api neraka.

Selain puasa Arafah, umat Islam juga disunahkan berpuasa pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijah, termasuk di hari kedelapan yang disebut dengan Tarwiyah. Sejumlah ulama mengatakan, 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah adalah waktu yang istimewa. Jadi, setiap muslim disarankan untuk berpuasa dan menambah ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Tokopedia